Mobil listrik Volvo EX30, SUV Kecil dengan Daya 428 HP
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 8 Juni 2023 09:25 WIB
Volvo EX30 sebagai mobil listrik terkecil di jajaran SUV Volvo. (Foto: Volvo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMobil listrik Volvo EX30 jadi pembicaraan menarik di kalangan pecinta otomotif dalam beberapa waktu terakhir. Produsen asal Swedia selama ini hanya menampilkan potongan gambar dari EX30.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada 7 Juni 2023, Volvo merilis utuh gambar EX30 yang diklaim sebagai SUV paling kencang di jajaran mobil kecil Volvo. 

Volvo EX30 ditawarkan dengan harga yang menarik 36.000 Euro atau setara Rp 574 juta. Konsumen yang menebus akan tetap mendapat kemewahan SUV bertenaga listrik yang harganya setara dengan kendaraan bermesin bakar. 

Namun EX30 tetap dikemas dengan teknologi keselamatan terbaik bagi penumpang dan pengendara serta pengguna jalan lain. Tak ketinggalan fitur hiburan juga menjadi suguhan menarik selama berada di kabin.

Keselamatan penting yang disematkan di Volvo EX30 hingga fitur kewaspadaan membuka pintu.

Dimensinya memiliki panjang 4.233 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.549 mm. Jarak sumbu rodanya 2.650 mm. Menyajikan kabin memiliki head room pengendara dan penumpang depan 1.058 mm, penumpang belakang 974 mm. Shoulder room depan 1.400 mm, dan penumpang belakang 1.346 mm. Leg room penumpang depan 1.063 mm dan penumpang belakang 821 mm.

 Dipastikan bahwa Volvo EX30 sudah bisa dipesan di beberapa negara tertentu, sebagai bagian dari transformasi strategi Volvo. Memastikan bahwa separuh dari kendaraan Volvo yang dijual secara global akan sepenuhnya bertenaga listrik. 

Bahkan memasang target keuntungan mencapai 8-10 persen. Pada tahun 2030, Volvo merencanakan semua mobil yang dijual sepenuhnya bertenaga listrik.

Volvo EX30 punya teknologi terbaik dan ruang memadai buat pengendara dan penumpang. (Foto: Volvo)

Keselamatan penting yang disematkan di Volvo EX30 hingga fitur kewaspadaan membuka pintu. Perhatian Volvo terhadap bukaan pintu kendaraan akibat masih tingginya pengendara atau penumpang ceroboh membuka pintu, menimbulkan insiden dengan pengguna jalan lain.

“Kami tahu bahwa harga dan biaya kepemilikan masih menjadi salah satu tantangan terbesar saat orang mempertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik,” ujar Jim Rowan, Chief Executive Volvo Cars. 

Jim Rowan menambahkan, “Melalui Volvo EX30, kami bertujuan untuk menghadirkan mobilitas listrik premium sepenuhnya ke audiens yang lebih luas, membantu memajukan dan mempercepat transisi ke elektrifikasi penuh yang dibutuhkan industri dan masyarakat.”

Volvo EX30 hadirkan material terbaik untuk menunjukkan kelas premium walaupun SUV kecil. (Foto: Volvo)

Fitur terlengkap adalah di Volvo EX30 Plus disuguhkan layar sentuh 12,3 inci, penyejuk kabin two-zone, sistem audio dari Harman Kardon dengan dasbor soundbar. Sensor parkir depan belakang serta ada kamera, pemanas di jok depan dan juga lingkar kemudi.

Perihal spesifikasi, Volvo EX30 Ultra memberikan tingkat bantuan pengemudi yang lebih tinggi berkamera 360 derajat dengan tampilan 3D virtual dan sistem parkir otomatis Volvo Park Pilot Assist. Fitur lain termasuk sunroof panoramik, pelek 20 inci, kursi depan yang dapat disetel motorik, jendela belakang berwarna gelap, dan on-board charging 22kW yang lebih bertenaga.

Sedianya ada tiga pilihan kombinasi motor yakni Single Motor bertenaga 272 hp dan baterai 51 kWh bisa menempuh 344 km, Single Motor Extended Range bertenaga 272 hp dan baterai 69 kWh menempuh 480 km. Terakhir adalah Twin Motor Performance bertenaga 428 hp gunakan baterai 69 kWh bisa menempuh 460 km.

Volvo EX30, dimensinya memiliki panjang 4.233 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.549 mm. (Foto: Volvo)

Sementara ini Volvo klaim jarak tempuhnya mencapai 480 km untuk sekali pengisian baterai. Rata-rata penggunaan baterainya adalah 6 km per kWh. Waktu penantian pengisian baterai 10-80 persen gunakan fast charging hanya perlu 26 menit.

Adapun akselerasi Volvo EX30 untuk 0-100 kpj hanya perlu waktu 3,6 detik. Menjadikan mobil Volvo paling cepat akselerasinya. Konsumen bisa memilih lima warna menarik dan juga macam-macam sentuhan interior layaknya kamar. Setiap varian akan punya ambience dan karakter tersendiri melalui tekstur permukaan material, warna dan detail. Diklaim mengedepankan material keberlanjutan dan daur ulang material.

Pilihan Editor: Volvo EX90 akan Gunakan Peta Canggih dari Google

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi