MercedesBenz DRIVE PILOT SAE Level 3 Siap Dijual di Amerika Serikat
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 12 Juni 2023 10:13 WIB
Mercedes-Benz DRIVE PILOT adalah satu-satunya sistem SAE Level 3 di dunia dengan pengesahan tipe yang sah secara internasional. (Foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedesBenz telah mengumumkan bahwa sistem DRIVE PILOT menjadi yang terdepan di kelasnya untuk SAE Level 3, mengemudi otomatis bersyarat menerima sertifikasi dari otoritas negara bagian California. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

menjadi tonggak penting kali ini, Mercedes-Benz menjadi produsen mobil pertama dengan otorisasi yang memperkenalkan sistem SAE Level 3 dalam kendaraan produksi standar untuk digunakan di jalan bebas hambatan umum di negara bagian terpadat di Amerika Serikat. 

DRIVE PILOT akan tersedia di pasar Amerika Serikat sebagai opsi untuk model tahun 2024 MercedesBenz S-Class dan model EQS Sedan, dengan mobil pertama dikirim ke pelanggan pada akhir 2023. 

Negara bagian Nevada telah mengonfirmasi kepatuhan sistem dengan peraturan negara bagian pada Januari 2023, dan MercedesBenz memiliki ambisi untuk lebih memperluas ketersediaan sistem inovatif ini ke berbagai negara pada masa mendatang.

Mercedes-Benz DRIVE PILOT dapat melaju otomatis hingga kecepatan 65 kpj. (Foto: Mercedes-Benz)

”Mercedes-Benz DRIVE PILOT adalah satu-satunya sistem SAE Level 3 di dunia dengan pengesahan tipe yang sah secara internasional. Dibangun berdasarkan fondasi yang sangat kuat, menetapkan standar industri baru,” ujar Markus Schafer, Member of the Board of Management of MercedesBenz Group AG, Chief Technology Officer

Markus Schafer kembali melanjutkan bahwa DRIVE PILOT menggunakan arsitektur kendaraan yang sangat canggih berdasarkan redundansi dengan banyak sensor, memungkinkan pengemudian otomatis bersyarat yang nyaman dan aman. 

“Sertifikasi oleh pihak berwenang di California dan di Nevada sekali lagi menegaskan bahwa redundansi adalah pendekatan yang aman dan tepat.” jelas Markus Schafer.

Selama perjalanan otomatis yang bersyarat, DRIVE PILOT memungkinkan pengemudi mengalihkan pikiran mereka dari lalu lintas dan fokus pada aktivitas sekunder tertentu. Saat DRIVE PILOT aktif, aplikasi dapat diaktifkan di tampilan pusat terintegrasi kendaraan yang diblokir saat mengemudi.

Saat melintasi jalan bebas hambatan yang ditetapkan di mana terdapat kepadatan lalu lintas yang tinggi, DRIVE PILOT dapat menawarkan untuk mengambil alih tugas berkendara yang dinamis, hingga kecepatan 65 kpj. Tombol kontrol yang diperlukan untuk ini terletak di pelek roda kemudi, di kiri dan kanan di atas lekukan ibu jari. 

Setelah kondisi sesuai, sistem menunjukkan ketersediaan pada tombol kontrol. Saat pengemudi mengaktifkan DRIVE PILOT, sistem mengontrol kecepatan dan jarak, dan dengan mudah memandu kendaraan di jalurnya. Profil rute, peristiwa yang terjadi di rute dan rambu lalu lintas juga dipertimbangkan. Sistem ini juga bereaksi terhadap situasi lalu lintas yang tidak terduga dan menanganinya secara mandiri melalui manuver mengelak di dalam jalur atau dengan manuver pengereman.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz E-Class Buka Babak Baru untuk Sedan Bisnis

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi