Mercedes-Benz EQS SUV akan Tampil di GIIAS 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 16 Juli 2023 12:31 WIB
Mercedes-Benz EQS SUV memiliki postur lebih tinggi 200 mm berbanding versi EQS Saloon. (Foto: Mercedes-Benz UK)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedes-Benz Indonesia mengabarkan akan mendatangkan satu lagi mobil listrik ke konsumen Tanah Air. Sedianya Mercedes-Benz EQS SUV dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, pada 10-20 Agustus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun  Mercedes-Benz EQS Edition 1 diklaim menjadi andalan Mercedes-Benz Indonesia menarik konsumen, sebab produksinya sangat terbatas serta detailnya lebih beda dengan versi EQS 450+. EQS 450 4MATIC, dan EQS 580 4MATIC.

Mercedes-Benz EQS SUV dikemas untuk kenyamanan maksimal tujuh penumpang. (Foto: Mercedes-Benz UK)

Mercedes-Benz EQS SUV merupakan buatan Amerika Serikat, lebih tepatnya diproduksi di fasilitas Tuscaloosa dan menjadi konsumsi global. Fasilitas produksi ini sudah membuat SUV amerika sejak tahun 1997. Sementara baterainya dibuat di Mercedes-Benz Battery Factory di Bibb County, Alabama.

SUV mewah ini menawarkan ruang berlimpah, kenyamanan, dan konektivitas hingga tujuh penumpang dalam interiornya yang avant-garde. Berkat motor listrik bertenaga, penggerak empat roda 4MATIC yang responsif, dan mode berkendara OFFROAD yang cerdas, Mercedes-Benz SUV EQS juga mampu mengatasi medan ringan dengan mudah.

Mercedes-Benz EQS SUV dihadirkan layar super lebar di dasbor. (Foto: Mercedes-Benz UK)

Menawarkan jarak sumbu roda 3.210 mm, sama seperti EQS Saloon namun SUV lebih tinggi 200 mm. Lebih tepatnya memiliki dimensi panjang 5.125 mm, lebar 1.959 mm, dan tinggi 1.718 mm.

Ruang interior mendapat manfaat dari dimensi SUV yang besar ini dan dari keunggulan desain khusus yang disesuaikan dengan platform listrik. Jok baris kedua bisa disetel secara elektrik sebagai standar. Hingga empat tas golf muat di bagasi. Kursi baris ketiga dengan dua kursi individu tambahan dan fitur kenyamanan yang luas untuk semua penumpang tersedia sebagai pilihan.

Pilihan Mercedes-Benz EQS SUV memiliki electric drive train (eATS) di penggerak belakang, dan versi 4MATIC juga memiliki eATS di penggerak depan. Di model 4MATIC, fungsi Torque Shift memastikan distribusi torsi penggerak yang cerdas dan terus menerus antara motor listrik belakang dan depan sehingga penggunaan eATS paling efisien di setiap kesempatan. 

Mercedes-Benz EQS SUV dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, pada 10-20 Agustus. (Foto: Mercedes-Benz UK)

Motor listrik di penggerak depan dan belakang adalah permanently excited synchronous motors (PSM). Keuntungan dari desain ini termasuk berlimpah daya yang tinggi, efisiensi tinggi, dan keteguhan daya yang tinggi.

Di kabin akan disapa oleh MBUX Hyperscreen  yang membentang nyaris dari pilar A ke pilar A. Terdapat tiga layar yang satukan masing-masing sekitar 12,3 inci layar OLED. Dolby Atmos sound system berikan pengalaman kenyamanan bagi seluruh 7 penumpang.

Sasis Mercedes-Benz EQS SUV terbaru memiliki four-link axle di depan dan suspensi multi-link independen di belakang. Suspensi udara AIRMATIC dengan ADS+ redaman yang dapat disetel berkelanjutan adalah perlengkapan standar. Tinggi kendaraan dapat dinaikkan beberapa sentimeter. Selain mode DYNAMIC SELECT ECO, COMFORT, SPORT dan INDIVIDUAL, versi 4MATIC menampilkan OFFROAD, mode lanjutan untuk berkendara off-road. 

Ban belakang Mercedes-Benz EQS SUV dapat berbelok 4,5 derajat atau pilihan 10 derajat. (Foto: Mercedes-Benz UK)

Selanjutnya, rear-axle steering dengan steering angle bisa berbelok hingga 4,5 derajat menjadi fitur standar. Ini memberikan kemampuan manuver di dalam kota dan kelincahan di darat. Secara opsional dan juga melalui pembaruan OTA, tersedia versi dengan sudut kemudi hingga 10 derajat. Bila ban belakang dapat berbelok 4,5 derajat radius putarnya 11,9 meter. Sedangkan untuk ban belakang dapat berbelok 10 derajat hanya perlukan ruang 11 meter.

Sebagai informasi Mercedes-Benz EQS SUV memiliki tenaga 400 kW atau setara 536 hp dan torsi 858 Nm. Baterai 108,4 kWh yang dimiliki bisa menempuh 743 km untuk sekali pengisian. Bisa dilakukan pengisian DC Charging 200 kW hanya membutuhkan waktu 31 menit.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz Bisa Pakai Tesla Supercharger

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi