6 Tips Merawat Mobil Pikap Agar Tetap Optimal
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 22 Juli 2023 10:00 WIB
DFSK Super Cab hadir dengan fungsionalitas tinggi siap menawarkan biaya operasional yang sangat bersahabat tanpa mengesampingkan kualitas untuk digunakan usaha sehari-hari. (Foto: Sokonindo Automobile)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kendaraan niaga memang sebagai pendukung berbagai jenis usaha masyarakat di Indonesia. Indonesia. Agar kinerjanya selalu optimal dan bisnis terus lancar, kondisi mobil pikap harus mendapatkan perhatian yang cukup serta perawatan yang tepat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selaku produsen mobil pikap di Indonesia, DFSK memberikan panduan mudah bagaimana merawat mobil agar bisa bekerja dengan optimal dan terus bisa diandalkan.

1. Tidak Membawa Barang Bawaan Berlebih

Mobil pikap umumnya dilengkapi dengan bak berukuran besar tentu sangat berguna untuk mengangkut berbagai jenis barang. Meski memang bertugas untuk membawa berbagai jenis barang, namun perhatikan juga bobot dan dimensi barang yang dibawa.

Bobot yang berlebih akan berpengaruh terhadap umur berbagai komponen, serta dimensi yang terlampau besar akan mengganggu keamanan selama perjalanan.

2. Cek Kondisi Ban

Ban merupakan satu-satunya komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal dan bekerja keras agar mobil bisa terus melaju. Perhatikan tekanan udara di bagian ban, sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di Buku Pedoman Pemilik Kendaraan, dan selalu pantau ketebalan kembangan ban.

Apabila ban sudah mulai gundul, segera lakukan pergantian agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

3. Rawat Rem dan Kopling

Sektor pengeraman dan kopling menjadi aspek penting untuk rutin dilakukan pemeriksaan. Kedua komponen ini berkaitan erat dengan keamanan, sehingga kondisinya harus dijaga dengan baik.

Cara mudah untuk mengecek kondisi kopling adalah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

4. Lampu-Lampu dan Wiper Harus Siap Sedia

Lampu bekerja saat di kondisi gelap, dan lampu sein bertugas memberikan informasi manuver kendaraan. Lampu-lampu harus selalu hidup, dan apabila bohlamnya putus maka segera diganti.

Begitu juga kondisi wiper harus berfungsi secara normal agar memberikan visibilitas berkendara yang baik. Pengecekan bisa dilihat dari sapuan air oleh karet wiper, apabila sudah tidak baik bisa segera diganti karet wipernya.

5. Kebersihan Interior Harus Dijaga

Kebersihan kabin menjadi salah satu poin penting dalam menjaga kondisi kendaraan. Jangan sampai kabin dibiarkan kotor karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kabin yang bersih membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya.

6. Lakukan Perawatan Berkala

Apabila dirasakan sulit untuk melakukan pengecekan sendiri, silakan datang ke bengkel resmi. Lakukan servis berkala, sesuai dengan jadwal yang sudah tercantum di buku panduan manual.

Pilihan Editor: DFSK Gelora E Jadi Pilihan Mobilisasi Karyawan PTPN 4

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi