Mobil Listrik Baru Kia Ray, Harga Mulai Rp 300 Jutaan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 25 September 2023 08:00 WIB
Secara spesifikasi, Kia Ray dibekali baterai lithium-iron-phosphate (LFP) 35,2 kilowatt-jam. (Foto: Kia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kia Corp merilis mobil listrik barunya, yakni Kia Ray yang merupakan model listrik paling murah di pasar Korea Selatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari Carscoops pada Senin 25 Juni 2023, mobil listrik Kia Ray Versi satu tempat duduk yang dibanderol sekitar 27 juta won atau sekitar USD 20.500 setara Rp 315,61 juta. Menariknya, model ini mendapatkan subsidi sehingga harganya pun turun menjadi USD 16.000 atau setara Rp 246 jutaan.

Kia Ray yang merupakan model listrik paling murah di pasar Korea Selatan. (Foto: Kia)

Sementara itu, untuk model empat kursi dibanderol seharga 29,55 juta won atau setara Rp 367,89 juta.

Setelah peluncuran, mobil listrik Kia Ray ini pun diklaim sudah menerima pesanan hingga 6.000 pelanggan dalam kurun waktu 20 hari kerja terakhir sejak diluncurkan Kia. Capaian tersebut disebut melampaui target dari Kia sebanyak 4.000 pesanan sampai akhir tahun 2023.

Kia Ray dirancang bagi konsumen yang tinggal di perkotaan dengan infrastruktur pengisian daya yang telah memadai. (Foto: Kia)

Secara spesifikasi, Kia Ray dibekali baterai lithium-iron-phosphate (LFP) 35,2 kilowatt-jam. Jarak tempuh dari mobil listrik Kia Ray ini dapat mencapai 200 kilometer hanya dengan sekali pengisian daya.

Dalm hal pengisian dayanya, Kia Ray membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan fasilitas fast-charging untuk mengisi dari 10 persen sampai 80 persen.

Kia menyebut mobil ini pun dirancang bagi konsumen yang tinggal di perkotaan dengan infrastruktur pengisian daya yang telah memadai.

Mobil listrik Kia Ray ini pun diklaim sudah menerima pesanan hingga 6.000 pelanggan dalam kurun waktu 20 hari kerja terakhir sejak diluncurkan. (Foto: Kia)

Langkah Kia untuk meluncurkan mobil listrik ini kian memanaskan persaingan untuk mobil ramah lingkungan dengan harga murah. Terlebih di Korea Selatan pun banyak start-up yang memperkenalkan kendaraan listrik dan truk listrik sehingga mengancam eksistensi dari Hyundai Motor Co. dan Kia yang menguasai 80 persen pangsa pasar.

Pilihan Editor: Mobil Listrik KIA EV5 Pamer Perdana di Cina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi