Luca Marini Raih Rekor Pole Position di MotoGP Mandalika 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 14 Oktober 2023 12:18 WIB
Luca Marini bersama warga Lombok jelang MotoGP Mandalika 2023. (Foto: Mooney VR46 Racing Team)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) berhasil catatkan waktu tercepat 1:29,978 detik di sesi kualifikasi Q2 MotoGP Mandalika 2023. Dirinya berhak atas pole position di Sprint Race yang digelar Sabtu ini dan juga Race pada hari Minggu.

Menggunakan Ducati Desmosedici GP bernomor #10, Luca Marini yang tembus dari sesi Q1 sekaligus patahkan rekor dua pembalap Aprilia di sesi Q2. Adapun Maverick Vinales berada di posisi dua dengan selisih 0,031 detik dan Aleix Espargaro di posisi tiga bukukan waktu 1:30,132 detik.

Pasca pulih dan absen semenjak MotoGP India, Luca Marini mengatakan di parc ferme, “Sangat luar biasa setelah pulih, apalagi saya merasa nyaman dengan motor yang juga kuat dan kencang. Sempat alami kendala seperti kemarin di FP2, tapi kita langsung cepat pahami masalahnya, motor disempurnakan dan hasilnya bagus, feeling dengan ban juga bagus di lintasan yang indah ini.”

“Saya sangat puas dengan hasil kualifikasi, akan menguntungkan di Sprint Race ini, tapi di balapan hari Minggu akan lebih sulit,” kata Luca Marini. 

Menanggapi kompetisi di lintasan, Luca Marini mengungkapkan, “Saya kira Aprilia lebih kuat dari kita, karena banyak tikungan panjang butuh banyak grip. Motor juga bagus di lintasan ini, tapi kita akan mencoba yang terbaik, kerahkan 100 persen dan melihat apa yang bisa kita raih.”

Sementara itu dua tim Aprilia Racing mengincar posisi terdepan, Maverick Vinales menduga sudah dapatkan pole position namun ditekuk oleh Luca Marini.

“Sangat penting bisa hasilkan yang terbaik di kualifikasi, kita bisa dengan catatan waktu luar biasa. Saya kira dapat pole position, tapi pas melihat saya berada di posisi dua, padahal sudah melesat kencang. Selamat untuk Luca Marini, kembali dari cedera tentu tidaklah mudah,” ujar Maverick Vinales.

“Secara keseluruhan saya merasa luar biasa di atas motor dan ritmenya juga bagus, tim bekerja sangat fantastis mereka tidak pernah menyerah bahkan setelah dari Jepang, kita terus bekerja meningkatkan feeling dan paling penting adalah saya bangga dengan tim saya,” jelas pembalap bernomor #12 ini.

Adapun Aleix Espargaro mengungkapkan pula kemampuan Aprilia RS-GP meningkat pesat hingga sisa musim MotoGP 2023. “Saya memang mengincar pole position, saya menikmati pekan balapan di sini, anda harus menerima apa yang terjadi.”

Pembalap bernomor #41 ini juga sangat impresif meski dengan kemampuan ban bekas Aprilia RS-GP bisa melesat kencang di MotoGP Mandalika. “Saya fokus pada pengendalian motor, sempat lakukan kesalahan di tikungan 16 sangat melebar, tapi ternyata masih cepat. Senang dan menikmati hasil kali ini,” kata Aleix Espargaro.

Sprint Race akan berlangsung hari Sabtu jam 14.00 WIB sebanyak 13 lap.

Pilihan Editor: Aleix Espargaro Cetak Rekor Baru di MotoGP Mandalika 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi