Jadwal Formula E 2024 Dirilis, Jakarta e-Prix Tak Disebut
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 20 Oktober 2023 13:05 WIB
Porsche 99X Electric, Pascal Wehrlein Formula E Jakarta E-Prix 2023 hanya finis posisi 6 di seri ke 11. Minggu, 4 Juni 2023. (Foto: Porsche)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Formula E 2024 terdapat beberapa pembaruan lebih lanjut pada kalender Musim ke-10. Di mana acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni tidak akan dilaksanakan setelah diumumkannya masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia hampir sepanjang bulan Juni.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota itu pada tanggal alternatif.

Pembaruan kedua adalah kemungkinan perubahan tempat di Italia untuk Putaran 7 dan 8. Hal ini menyusul tinjauan para ahli di Formula E dan FIA mengenai balapan Musim ke-9 di Roma, di mana mobil GEN3 baru yang lebih cepat dan bertenaga.

Sirkuit sempit dan berbelok tajam di kawasan bisnis Roma. Formula E sedang menjajaki tempat alternatif, termasuk sirkuit permanen, untuk menyelenggarakan acara di kota Italia. Pembaruan mengenai venue di Italia diharapkan dilakukan sebelum akhir tahun.

Selain itu, Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E hari ini mengumumkan kembalinya ke Tiongkok dan India untuk merayakan musim ke-10 balap mobil listrik.

Shanghai dan Hyderabad dikonfirmasi sebagai kota tuan rumah di Musim ke-10 ABB FIA Formula E World Championship setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahaga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober 2024.

Formula E akan hijrah untuk pertama kalinya di Cina di Sirkuit Internasional Shanghai dengan balapan double-header pada hari Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024. 

Balapan Formula E pertama kali diadakan di Beijing pada 13 September 2014 dengan gelaran kedua menyusul setahun kemudian. Sanya kemudian menjadi tuan rumah E-Prix Tiongkok terbaru pada tahun 2019, dengan Formula E juga berlomba di Hong Kong sebanyak empat kali selama tiga musim antara Musim 2 dan 5.

India akan kembali menjadi tuan rumah Formula E pada hari Sabtu, 10 Februari 2024 dengan dukungan dari Pemerintah Telangana dan Menteri KT Rama Rao dan mengikuti balapan debut berkapasitas 31.000 orang yang terjual habis pada bulan Februari tahun ini.

Acara ini memberikan peningkatan hampir USD 84 juta bagi perekonomian kota Hyderabad.

Alberto Longo, Co-Founder & Chief Championship Officer, Formula E, menyebut kalender Musim ke-10 ini adalah yang paling menarik bagi pembalap, tim, penggemar, dan pemirsa di seluruh dunia.

"Kami membawa Formula E ke Shanghai untuk pertama kalinya dan merasa terhormat bisa kembali ke India berkat dukungan dari Pemerintah Telangana dan Menteri KT Rama Rao. Kombinasi sirkuit jalanan, yang ada dalam DNA Formula E, dan trek balap yang sudah mapan akan memungkinkan pengemudi untuk mendorong kemampuan mobil GEN3 lebih keras," kata dia dalam laman resmi Formula E, Jumat, 20 Oktober 2023.

Pilihan Editor: Nick Cassidy Gabung ke Jaguar TCS Racing

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi