Tanjakan Ekstrem Batu Jomba Jadi Sorotan Media Asing, Sering Bikin Mobil Terguling
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 24 Oktober 2023 09:17 WIB
Mobil terguling di Tanjakan Batu Jomba, Sumatera Utara (X/@adarwis)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTanjakan Batu Jomba, Sumatera Utara kini menjadi sorotan banyak pihak setelah menjadi sorotan media asing dan viral di media sosial. Tanjakan tersebut jadi perbincangan karena memiliki medan ekstrem dan kondisi jalan yang rusak parah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kerusakan tersebut bahkan membuat motor maupun mobil sangat sulit untuk melalui tanjakan Batu Jomba. Parahnya dalam sejumlah tayangan video di media sosial, beberapa truk gagal melewati tanjakan hingga sampai terguling.

Tak hanya viral di Indonesia, tanjakan ini juga cukup mendapat perhatian warganet di Cina. Hal itu diungkapkan oleh akun X (Twitter) Andrea Darwis yang mengunggah video di mana sejumlah kendaraan berusaha melewati tanjakan Batu Jomba.

“Tanjakan Batu Jomba di Sumatera Utara yang lagi viral di China,” tulis Andrew Darwis dalam keterangan unggahan videonya, Minggu, 22 Oktober 2023.

Dalam video tersebut, terdapat keterangan yang menggunakan bahasa Cina, yang diduga menjelaskan apa yang ada di dalam video tersebut.

Video juga memperlihatkan jalan di tanjakan itu rusak parah tanpa ada aspal atau material beton. Selain itu, tanjakan ini juga bergerlombang sehingga membuat roda kendaraan terbentur dan sulit melewatinya.

Sejumlah orang akhirnya memutuskan untuk berjaga di sekitar lokasi guna memberikan ganjal kepada kendaraan yang tidak kuat menanjak. Hal itu dilakukan untuk mencegah kendaraan tersebut terguling yang bisa memakan waktu lama untuk proses evakuasinya.

Meski ramai jadi perbincangan dan viral di media sosial sejak awal tahun, tapi nampaknya belum ada tindakan dari pemerintah setempat untuk memperbaikinya. Terlihat lubang pada tanjakan tersebut hanya ditutup oleh material tanah dan bongkahan batu yang harus tergerus saat kendaraan melaluinya.

Hal ini membuat banyak warganet heran dan menyayangkan sikap pemerintah setempat yang tak kunjung memperbaiki jalan tersebut. Padahal, tanjakan Batu Jomba menjadi jalur yang cukup sibuk.

"Pemda nya mau mengejar viral sampai ke LN," sindir @VredeAarde.

"Menarik ya, di video kebanyakan kendaraan dengan bawaan besar. Gak adakah jalur lainnya? Kalo aku pingin bertanya, apakah jalan ini gak bisa diperbaiki? Maksudnya ada kondisi tanah yang bikin dia rusak terus?" tulis @manggalakurnia.

Pilihan Editor: Tips Keselamatan Berkendara Saat Lewati Lereng Curam dan Berliku

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi