Toyota Land Cruiser 'FJ Buriser' Tampil di SEMA Show 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 1 November 2023 19:46 WIB
Toyota Land Cruiser FJ Bruiser tampil di SEMA Show 2023, 31 Oktober - 3 November di Las Vegas. (Foto: Toyota USA)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKembalinya Toyota Land Cruiser yang sangat dinanti-nantikan ke pasar AS, Toyota memberi penghormatan kepada asal muasal Land Cruiser dengan menciptakan 'FJ Bruiser' rock crawler yang tak terhentikan dan bisa melaju tanpa hambatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Marty Schwerter, Toyota Motorsports Garage Team Manager mengatakan, “Setiap tahun kami cukup beruntung bisa membangun kendaraan khusus untuk SEMA Show. Kembalinya Toyota Land Cruiser ke Pasar AS, masuk akal untuk membuat rock crawler, jadi inilah pilihan kami pada Truk Pickup Toyota FJ45 tahun 1966.”

Toyota Land Cruiser FJ Bruiser didesain khusus libatkan Toyota Racing Development. (Foto: Toyota USA)

Ditambahkan oleh Marty Schwerter, “Awalnya kendaraan ini disebut sebagai 'The Unstoppable FJ', namun saat selesai dibuat, kendaraan tersebut berubah menjadi kendaraan yang mengerikan, sehingga tim mulai menyebutnya sebagai 'FJ Bruiser.'” 

Schwerter dan timnya langsung jatuh cinta menciptakan FJ klasik bergaya “King of The Hammers” yang memenuhi semua kriteria performa ekstrem.

Tim pertama yang dilibatkan adalah Toyota Racing Development di Costa Mesa, California. Pembuatan ini memerlukan lebih dari sekedar keinginan aneh untuk memenuhi mandat kinerja ekstremnya, sehingga mereka mendapatkan versi modifikasi dari TRD Toyota saat ini, 358 cu.in. Sumber performa dari V8 NASCAR® Cup Car yang menghasilkan 725 tenaga kuda. Knalpot MagnaFlow® menghasilkan nada knalpot yang mengintimidasi mesin, dan tenaga ditransfer melalui transmisi Rancho Drivetrain Engineering® balap otomatis 3 kecepatan.

Toyota Land Cruiser FJ Bruiser gunakan mesin kompetisi V8 Nascar. (Foto: Toyota USA)

Tonjolkan gaya berotot retro, FJ Bruiser tetap menjadi kendaraan berpenggerak empat roda yang kokoh. Dibuat khusus dengan ketentuan “tak terhentikan” pada lembar pembuatannya, driveline dilengkapi diferensial Currie® depan dan belakang serta kotak transfer Advanced Adapter Atlas® yang menyediakan empat kecepatan 2WD dan empat kecepatan 4WD. 

Pengaturan drivetrain memungkinkan FJ Bruiser merangkak pada kecepatan 19 kpj pada 7.000 rpm pada gigi terendah. Bahkan bisa melaju 265 kpj pada kecepatan mesin 7.000 rpm yang sama pada gigi tertinggi.

Toyota Land Cruiser FJ Bruiser terdapat belt tank di bawah dek mobil, memungkinkan terhindar dari nyangkut. (Foto: Toyota USA)

Jika ground clearance menjadi masalah, tim mengganti skid plate tengah dengan sistem track seperti tank yang dapat digunakan untuk keluar dari situasi tersangkut. CAMSO® track dikendalikan dari kokpit, sehingga pengemudi dapat tetap duduk dengan aman; tidak perlu melepas tali dan mencari sesuatu untuk mengikat winch. Mode tank dapat diaktifkan dengan menekan sebuah tombol.

Perhatian kemudian beralih ke penciptaan body work yang fungsional sambil tetap mempertahankan garis klasik FJ, sebuah penanganan yang menimbulkan salah satu tantangan paling signifikan bagi tim: memasangkan teknologi modern yang mampu menaklukkan medan ke dalam sasis yang relatif terbatas ruang. 

Tim membuat sasis full tube dan roll cage, lalu mengawinkan bodi dengan rangka kustom baru yang lebih kaku. Selanjutnya mereka menambahkan suspensi full trailing arm dengan shock Fox® dan pegas Eibach®. Di bagian sudut, ban BF Goodrich® Krawler T/A KX berukuran 42 inci dipasang ke roda Method® Beadlock berukuran 20 inci, yang pada saat perjalanan penuh, menempatkan ban sekitar separuh garis kaca depan.

Toyota Land Cruiser FJ Bruiser dikemas dengan kabin retro ala pembalap legendaris Jackie Stewart. (Foto: Toyota)

Beralih ke dalam, Complete Customs® bekerja dengan tim untuk melengkapi interiornya. Kursi MOMO® Daytona EVO dilapisi ulang dengan kotak-kotak berwarna skema cat, sebagai penghormatan kepada kursi bangku kotak-kotak asli FJ, bersama dengan roda kemudi kejuaraan vintage Jackie Stewart tahun 1968.

Kombinasi teknologi otomotif modern dengan tampilan klasik FJ45 menghasilkan kendaraan yang layak menyandang namanya. Apa yang awalnya merupakan pikap FJ45 tahun 1966 yang sudah usang dengan cepat berubah menjadi konsep ground-up yang siap menaklukkan medan terberat di dunia.

“Buatan ini ikonik, unik, danToyota Land Cruiser FJ Bruiser punya kelebihan sebagai rock crawler. (FOto: Toyota) jujur saja, terlihat sangat radikal,” kata Mike Tripp, Group Vice President, Toyota Marketing. “Ini adalah pengingat akan Land Cruiser selama ini; sebuah kendaraan yang dibuat untuk membawa Anda sejauh yang dimungkinkan oleh imajinasi Anda.”

FJ Bruiser adalah salah satu dari beberapa proyek khusus menarik yang ditampilkan di booth Toyota pada acara Specialty Equipment Market Association atau SEMA Show di Las Vegas (Central Hall, Booth 22200). Menampilkan lebih dari 19 kendaraan dengan aksesori, bentukan dan konsep, selain Produk Aksesori Terkait (AAP) yang meningkat secara signifikan, jejak tahun ini mewakili kehadiran SEMA terbesar Toyota hingga saat ini.

Pilihan Editor: Toyota Land Cruiser 250 Series Diluncurkan dengan Gaya Retro

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi