Heru Adi Nugroho Rancang Toyota Supra 3000GT Concept di SEMA Show
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 9 November 2019 14:33 WIB
Toyota Supra 3000GT Concept di SEMA Show 2019. (Toyota)

GOOTO.COM, Jakarta - Sejumlah Toyota Supra konsep dipamerkan di ajang SEMA Show di Las Vegas, Amerika Serikat, 5 Nov 2019 – 8 Nov 2019. Satu di antaranya adalah Toyota Supra 3000GT Concept. Model ini cukup menarik perhatian karena merupakan salah satu icon mobil sport Jepang yang populer di dunia.

Menariknya, perancang Supra 3000GT Concept adalah orang Indonesia. Namanya Heru Adi Nugroho. Ia tercatat bekerja di Toyota North America di bagian Product Planning & Strategy Division. “Saya sebagai Japanese Coordinator, meski bukan orang Jepang,” kata dia kepada Tempo, Jumat malam, 8 November 2019.

Heru juga tergabung dalam Toyota Customizing & Development, pemegang brand Toyota Racing Development (TRD) global (kecuali Amerika) dan Modellista untuk Vihicle Life Cycle Management Product North America. “Jadi saya terlibat di program untuk Toyota dan Lexus, termasuk program GR Supra,” ujar dia.

Dalam proyek Supra 3000GT Concept, Heru mengaku mengirimkan proposal untuk membuat Supra Concept untuk SEMA Show 2019 ke Toyota Motor North America dan Toyota Customizing & Development. Idenya adalah, membuat produk ikonik yang ada di Jepang, yang menunjukkan Japanese Craftsmanship. “Tetapi juga harus diketahui penggemar Supra di luar Jepang,” tutur dia.

Toyota Supra 3000GT Concept di SEMA Show 2019. (Toyota)

Setelah ia berdiskusi dengan tim di Jepang, diputuskan untuk membuat 3000GT karena pada 1994 TRD3000GT juga terkenal di luar Jepang selain sebagai ikon mobil balap Supra. “Mobil ini cukup populer, ada di game Grand Tourismo,” kata dia.

Ia mengisahkan bahwa waktu pengerjaan dari planning ke fabrikasi sekitar 6 bulan. Semua parts dibuat di Jepang untuk kemudian dirakit. Parts tuning, body wrap dan lainnya dikerjakan di Los Angeles, USA. “Tujuan saya adalah untuk mempererat relasi builder Jepang-Amerika Serikat dan juga karena LA terkenal sebagai tempat builder and tuner mobil-mobil Jepang,” ujar dia. 

“Semua desain konsep, spesifikasi mobil, dan development progress di-share ke saya setiap minggu dan saya juga terbang Jepang-Los Angeles untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.”

Toyota Supra 3000GT Concept di SEMA Show 2019. (Toyota)

Karya Heru yang dipamerkan di SEMA Show 2019 ini memiliki berbagai keistimewan. Dua bagian ikonik ini diambil dari model TRD3000GT buatan 1994, yakni ventilasi segitiga ikonik di kap mesin dan sayap belakang. Keistimewaan lainnya adalah  adding light weight high performance carbon body kit, wide body, TWS racing wheels dan lain sebagainya.

Sayap belakang (rear spoiler) dibuat menggunakan tooling yang sama dengan model legendarik 3000GT TRD 1994. Kemudian bagian bawah diatur agar serasi di GR Supra, sedangkan bagian atas tetap sama dengan produk asilnya. “So it’s very authentic (Jadi mobil ini sangat otentik,” katanya.

“Model ini tidak hanya memberikan aggressive design. Concept car ini mempresentasikan history, DNA, dan teknologi balap mobil Jepang.”

Menurut Heru, mobil konsep ini didesain oleh insinyur Toyota Customizing & Development dengan menggunakan know how dari pengalaman racing bertahun-tahun, durability, dan capability di setiap kondisi pengemudian.

“Jadi walaupun model konsep, Toyota Customizing & Development dapat memproduksi dengan melakukan sedikit adjustment dari current concept design sehingga bisa dijual ke market sebagai legal street product dan juga siap digunakan jika performa mesin ditingkatkan,” tuturnya.

Ia mengklaim Toyota Supra 3000GT Concept mendapatkan sambutan positif di Amerika Serikat, Jepang, Asia, dan lain sebagainya. “Di masa mendatang mungkin akan diproduksi, mudah-mudahan ya, Amin,” katanya. 

#Toyota Supra
#Supra 3000GT
#SEMA Show

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi