Toyota Gazoo Racing Dipastikan Ikut Lagi WRC 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 25 November 2023 06:29 WIB
Toyota Gazoo Racing World Rally Team sapu bersih podium di WRC Jepang 2023. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Gazoo Racing (TGR) mengumumkan telah bersiap untuk berkompetisi di  FIA World Rally Championship atau WRC 2024. Adapun pencapaian luar biasa diraih dengan 3 kali Juara Dunia di WRC, tentunya hasil ini mendorong Toyota Gazoo Racing untuk kembali ikut meramaikan balapan tahun depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota Gazoo Racing World Rally Team mengonfirmasi susunan pembalapnya untuk musim WRC 2024, yang bertujuan untuk sekali lagi memenangkan gelar pabrikan, pembalap, dan co-driver.

Kalle Rovanperä tahun ini menjadi pemenang termuda gelar pembalap WRC berturut-turut, berusia 23 tahun, dan telah menandatangani kontrak multi-tahun baru dengan TGR-WRT. Menyusul pencapaiannya yang luar biasa ke puncak olahraga ini, Rovanperä akan mengambil bagian dalam program reli tertentu pada tahun 2024 bersama co-driver Jonne Halttunen. Hal ini akan memberinya waktu untuk menjauh dari tuntutan ketat dalam bersaing memperebutkan gelar juara dunia dan menikmati berkendara dalam berbagai disiplin ilmu termasuk drifting, sehingga semakin meningkatkan keterampilan dan pengalamannya di belakang kemudi.

Juara dunia delapan kali Sebastien Ogier meraih gelar terakhirnya bersama TGR-WRT pada tahun 2020 dan '21 sebelum mundur dari kompetisi. Dia tetap menjadi pemain kunci dalam tim, setelah meraih kemenangan di Monte Carlo, Meksiko dan Kenya selama tahun 2023, dan akan kembali mengikuti sebagian program musim depan bersama dengan co-driver Vincent Landais.

Tim juga bersemangat untuk melanjutkan hubungannya dengan Elfyn Evans untuk musim selanjutnya. Sejak bergabung dengan TGR-WRT, Evans telah membuktikan dirinya sebagai pesaing kejuaraan reguler, menjadi runner-up tiga kali dalam empat tahuntermasuk pada tahun 2023, ketika ia mencetak kemenangan reli di Kroasia, Finlandia, dan Jepang. Ingin melanjutkan kemajuan musim ini, ia dan co-driver Scott Martin akan memasuki tahun 2024 dengan tujuan bersaing memperebutkan gelar kejuaraan dunia pertama mereka.

Takamoto Katsuta juga akan kembali menjadi bagian dari susunan tim dan berkendara satu musim penuh di GR YARIS Rally1 HYBRID dengan co-driver Aaron Johnston. Sebagai produk dari TOYOTA GAZOO Racing WRC Challenge Program, Katsuta bergabung dengan susunan pemain utama tim pada tahun 2023 dan berkontribusi pada kesuksesan kejuaraan pabrikan dengan finis podium yang luar biasa di Rally Finlandia. 

Jari-Matti Latvala selaku Team Principal Toyota Gazoo Racing World Rally Team mengakui sangat senang bisa mempertahankan susunan pembalap pemenang untuk masa depan. 

“Senang mengetahui bahwa kami memiliki skuad pembalap yang kuat yang merasa betah dengan mobil dan tim kami dan ingin terus bekerja bersama kami. Program Kalle akan sedikit berbeda pada tahun 2024 tetapi yang penting bagi kami adalah dia adalah seorang pembalap Toyota dan dia ingin tetap bersama tim dan terus menikmati hasratnya untuk reli. Meskipun usianya masih muda, dia telah mengendarai mobil reli. pada level yang serius untuk waktu yang lama dan dia merasa kampanye paruh waktu akan menjadi yang terbaik baginya sekarang sehingga kami dapat menantikan lebih banyak musim penuh bersama di masa depan,” jelas Jari-Matti Latvala.

Ditambahkan lagi oleh Jari-Matti Latvala, “Senang juga bahwa Seb terus bersama kami, dan itu berarti bahwa bersama-sama dengan Kalle, kita akan memiliki dua juara dunia ganda sebagai aset kuat dalam mempertahankan kejuaraan pabrikan. Elfyn telah menunjukkan kepada kita lagi tahun ini bahwa dia bisa memenangkan reli dan bersaing memperebutkan kejuaraan, dan kita tahu dia akan memberikan upaya terbaiknya di setiap balapan reli. Taka membuktikan di Reli Finlandia tahun ini bahwa dia bisa berada di sana dalam reli tercepat dan mudah-mudahan kita bisa melihatnya sebagai penantang podium di hampir setiap reli musim depan."

Pilihan Editor: 2 Mobil Listrik Toyota Konsep di Guangzhou Auto Show 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi