Potensi Kebocoran Oli Mesin, 1.500 unit Range Rover Tahun 2024 Kena Recall
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 7 Desember 2023 08:35 WIB
Mesin V8 Range Rover. (Foto: Land Rover)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sekitar 1.500 unit Range Rover dari model 2024 di Amerika Serikat akan ditarik kembali atau recall yang disebabkan terdapat risiko kebocoran oli mesin yang berpotensi menimbulkan bencana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Carscoops, recall dilakukan untuk mesin bensin V8, 4.400 cc yang disebut Land Rover sebagai mesin NC11. 

Pemberitahuan penarikan kembali menyebut perlu pengencang yang digunakan untuk mengamankan selang pendingin oli yang dipasang di mesin memiliki pengikatan ulir yang tidak memadai. Ini artinya ulir pada stud dapat terkelupas dan selang menjadi longgar.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan ada sejumlah oli mesin yang akan bocor ke permukaan jalan yang tentunya dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Sebanyak 1.520 kendaraan terdampak, yang semuanya merupakan model Range Rover 2024 yang diproduksi antara 4 September 2023 dan 10 Oktober 2023, di pabrik Perakitan Kendaraan Solihull, Inggris.

Land Rover pertama kali menyadari adanya masalah tersebut pada 24 Oktober ketika menemukan selang pendingin oli yang longgar pada salah satu mesin V8 di pabriknya. Land  Rover segera memutuskan untuk menghentikan produksi dan mulai menyelidiki masalah tersebut. 

Keputusan untuk melakukan penarikan kembali dibuat pada tanggal 16 November. Untungnya, Jaguar Land Rover belum menerima laporan lapangan terkait masalah ini di Amerika Serikat dan juga belum ada laporan kecelakaan, cedera, atau kebakaran.

Pemilik kendaraan yang terkena dampak akan diberi tahu tentang penarikan kembali atau recall pada atau sebelum 19 Januari 2024, dan diinstruksikan untuk membawa mobil mereka ke diler di mana perbaikan pipa pendingin oli mesin akan diperiksa dan diganti jika diperlukan. Perbaikan akan dilakukan secara gratis.

Pilihan Editor: Range Rover Autobiography dan SV Ada Layanan Kurasi Personalisasi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi