Volkswagen Sematkan Exit Warning System Jadi Fitur Standar
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 8 Desember 2023 09:45 WIB
Volkswagen Exit Warning System. (Ilustrasi: Volkswagen)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaGenerasi terbaru teknologi fitur Exit Warning System dari Volkswagen kini menjadi fitur standar di beberapa jajaran mobil listrik. Fitur ini membantu menghindari situasi berbahaya saat pengendara atau penumpang keluar dari kendaraan di lalu lintas dalam kota. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem bantuan dapat memperingatkan pengemudi dan penumpang akan adanya pengguna jalan lain yang mendekati Volkswagen dari arah belakang. Misalnya, dalam batasan sistem, sistem dapat mendeteksi pengendara sepeda, yang seringkali merupakan pengguna jalan yang paling rentan. 

Selain pada pintu pengemudi dan penumpang depan, sistem peringatan keluar juga memberikan perlindungan pada pintu belakang. Dikabarkan bahwa Volkswagen ID.702, Passat, dan Tiguan kini telah dilengkapi dengan sistem bantuan Exit Warning System sebagai standar. Adapun di Volkswagen Golf, ID.4, dan ID.5, teknologi ini tersedia secara opsional dalam bentuk yang spesifik secara teknis.

Volkswagen ID.7 dilengkapi dengan sistem bantuan spesifikasi tertinggi. Exit Warning System memindai area di belakang Volkswagen melalui dua sensor radar belakang (di kiri dan kanan di bumper) dan memberi tahu penumpang tentang bahaya bahkan sebelum pegangan pintu dioperasikan: jika pengguna jalan lain mendekat, lampu LED di kaca spion luar secara otomatis menyala sebagai tingkat peringatan pertama. Jika salah satu pembuka pintu tetap ditekan, pintu juga akan terhalang untuk terbuka dalam waktu singkat. Jika pintu dibuka, sinyal peringatan berbunyi. 

Selain itu, sistem bantuan tetap aktif selama tiga menit setelah Volkswagen diparkir dan dimatikan guna melindungi seluruh penumpang yang keluar dari kendaraan.

Exit Warning System di Volkswagen Passat dan Tiguan berfungsi sangat mirip dengan Volkswagen ID.7: sistem ini menggunakan lampu LED di kaca spion luar untuk memberi tahu penumpang kendaraan jika pengguna jalan mendekat dari belakang, bahkan sebelumnya pegangan pintu dioperasikan. Jika pegangan pintu tetap dioperasikan, peringatan akustik akan berbunyi melalui speaker di pintu tersebut. Karena kedua model dilengkapi dengan kunci pintu mekanis, fitur penundaan pembukaan pintu tambahan dari ID.7 tidak tersedia.

Sistem peringatan keluar tersedia secara opsional di Volkswagen ID.4 dan ID.5. Ini beroperasi dengan cara yang hampir sama seperti di ID.7. Satu-satunya pengecualian: dalam hal ini, lampu LED di kaca spion luar hanya menyala jika terjadi bahaya saat penumpang mengoperasikan salah satu pegangan pintu. Tingkat peringatan lainnya – sinyal akustik di masing-masing pintu dan penundaan pembukaan elektronik – identik dengan yang ada di ID.7.

Volkswagen pertama dengan Exit Warning System adalah generasi terbaru Volkswagen Golf. Di sini, sistem bekerja dengan cara yang mirip dengan ID.4 dan ID.5. Seperti model Passat dan Tiguan MQB, Golf dilengkapi dengan kunci pintu mekanis, yang berarti tidak tersedia fitur tambahan penundaan pembukaan pintu.

Pilihan Editor: Volkswagen ID.X Performance, Limosin Listrik Berperforma Tinggi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi