Mobil Listrik Audi akan Lebih Mudah dan Cepat dalam Pengisian Baterai
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 Desember 2023 09:20 WIB
Mobil listrik Audi. (Foto: Audi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSeiring semakin pesatnya pertumbuhan mobil listrik secara global, mulai banyak masyarakat yang mulai berhitung untuk lebih menghemat dan memilih stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) berbiaya rendah atau memilih menggunakan sistem pengisian daya ultra cepat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jens van Eikels, Head of the Charging Project House at Audi AG mengungkapkan bahwa seharusnya pengisian daya menjadi aspek yang mudah dan santai dalam memiliki mobil listrik – pemilik tidak perlu membandingkan harga atau terikat pada stasiun pengisian daya dari penyedia tertentu setiap kali mereka melakukan pengisian daya.

Adapun Jens van Eikels memberikan wawasan ahli tentang bagaimana Audi berencana membuat proses pengisian daya, dan berbagai penawaran pengisian daya dan layanannya, menjadi lebih sederhana bagi pengguna.

Keberhasilan e-mobilitas akan bergantung pada tiga faktor. Pertama, tentu saja mobilnya harus menarik. Hal ini terutama berlaku pada kualitas dan performa pengisian dayanya, yang sangat penting bagi Audi. Penting bagi Audi agar kurva pengisian daya model listrik tetap pada tingkat yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Artinya, mobil mengisi daya dalam jumlah besar dalam waktu lama. 

Faktor penting lainnya adalah konektivitas, khususnya koneksi antara smartphone dan kendaraan, sehingga pengemudi dapat merencanakan pemberhentian pengisian daya di sepanjang rute dengan tepat, dan jika perlu, mengkondisikan kendaraan sebelum digunakan. Pilar penting ketiga adalah penagihan dan penawaran layanan. 

Audi membedakan antara pengisian daya di rumah dan pengisian daya di jalan, dengan fokus pada mobilitas jarak jauh dengan opsi untuk mengisi daya dengan nyaman di dalam dan luar negeri, termasuk pengisian daya cepat di pusat kota – penting bagi pengemudi yang tidak memiliki akses ke pengisian daya. fasilitas di rumah atau di tempat kerja. Di Charging Project House, Audi mengerjakan semua skenario pengisian daya untuk mengembangkan solusi yang nyaman bagi semua pelanggan.

“Pengisian daya premium berarti pengisian daya yang mudah dan cepat dalam lingkungan yang menyenangkan – hub pengisian daya Audi kami sudah mencakup semua dasar ini, termasuk fungsi Plug and Charge,” ujar Jens van Eikels

Di stasiun pengisian daya yang kompatibel, kendaraan secara otomatis memberi otorisasi dan mengaktifkan stasiun tersebut ketika kabel pengisi daya dicolokkan, sehingga memfasilitasi penagihan otomatis. Audi juga menggunakan sistem penahan kabel di semua pusat pengisian daya, untuk desain ergonomis dan kenyamanan tambahan, colokan pengisi daya yang dapat diakses, dan layar informatif besar melengkapi pengalaman pengisian daya yang positif. 

Pusat pengisian daya Audi di Nuremberg memiliki ruang tunggu yang nyaman, sementara lokasi lainnya terletak di kawasan perkotaan yang ramai dengan restoran atau fasilitas perbelanjaan berkualitas tinggi. 

“Mulai tahun 2024, solusi baru akan berarti bahwa pelanggan yang belum memiliki pusat pengisian daya Audi di dekatnya juga akan dapat menggunakan waktu pengisian daya dengan bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan pribadi mereka,” yakin Jens van Eikels.

Kritik tradisional mengenai kurangnya fasilitas pengisian daya sudah tidak lagi umum saat ini, terutama di negara ini dengan rasio infrastruktur pengisian daya terhadap kendaraan listrik yang terdaftar saat ini lebih seimbang. Namun, Audi juga tahu bahwa jangkauan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan waktu henti pengisian daya yang singkat merupakan langkah yang menentukan menuju penerimaan mobilitas elektronik yang lebih luas. 

“Oleh karena itu, Audi berfokus pada dua faktor ini saat kami terus mengembangkan kendaraan listrik, dengan penghentian pengisian daya yang singkat dimungkinkan oleh performa pengisian daya yang mengesankan. Kendaraan baru di Premium Platform Electric di masa depan hanya perlu mengisi daya selama 10 menit di stasiun pengisian HPC untuk berkendara sekitar 250 kilometer dengan pengisian baterai dari sepuluh hingga 80 persen hanya dalam waktu 20 menit,” jelas Jens van Eikels.

Pilihan Editor: Audi RS Q e-tron Targetkan Juara Dunia Reli Dakar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi