Generasi Kedua Hyundai Kona ada Potensi Terbakar Pasca Tabrakan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 2 Januari 2024 10:48 WIB
Hyundai Kona. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMasih terbilang baru untuk generasi kedua Hyundai Kona, sudah dikabarkan harus mendapat recall sebanyak 10.984 unit yang sudah diproduksi sejak awal tahun 2023. Ditengarai ada masalah di kabel baterai 12-volt yang dapat terkelupas saat terkena gesekan di braket modul kontrol mesin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hyundai Kona yang mengalami recall adalah produksi 19 Juni hingga 18 Desember bermesin 1.6 liter turbo empat silinder, produksi di Ulsan, Korea Selatan.

Autoevolution menginformasikan adanya lecet di kabel tersebut dapat menyebabkan korsleting dan memungkinkan terjadinya kebakaran di ruang mesin. Hyundai Motor America telah diperingatkan oleh Insurance Institute of Highway Safety, mobil Hyundai Kona bisa memercikan api dari ruang mesin setelah terjadinya tes kecelakaan pada kecepatan 64 kpj.

Sesuai dokumen yang diajukan ke National Highway Traffic Safety Administration, IIHS mendapati asap dan api yang keluar dari kompartemen mesin Hyundai Kona sekitar dua menit setelah uji tabrak frontal overlap.

IIHS juga melaporkan bahwa engine kontrol module mengalami korsleting dan suhu meningkat, membuat percikan sebanyak dua kali setelah kebakaran awal.

Meskipun situasinya sangat berbahaya, seseorang di IIHS memutuskan untuk melepaskan baterai 12 volt secepat mungkin. Aktivitas termal segera berhenti setelahnya. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada November 2023. 

Pada akhir bulan, orang-orang di Hyundai Motor America sudah mulai menyelidiki kendaraan uji tersebut untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Selama pemeriksaan, HMA menetapkan bahwa braket modul kontrol mesin didorong langsung ke kabel positif aki.

Akibat kabel yang terbuka dan menyebabkan korsleting listrik menyebabkan kebakaran pasca kecelakaan yang diamati oleh Insurance Institute of Highway Safety.

Reaksi cepat dilakukan oleh Hyundai Motor America untuk memastikan kemungkinan kebakaran tersebut, serta melakukan pengujian tabrakan ala IIHS, namun bagian kabel dipertebal dengan selubung. Hyundai mengonfirmasi bahwa tak ada insiden yang dikhawatirkan terjadinya korsleting listrik. Atas hasil ini, Hyundai akan menambahkan kabel pelindung yang sudah diterapkan di produksi kendaraan mulai 18 Desember lalu.

Hyundai Kona generasi kedua ini total sudah mendapat dua kali recall, sebelumnya recall pertama pada bulan September 2023 perihal safety belt. Hyundai Motor America (Hyundai) menarik kembali kendaraan Kona 2024. Rakitan sabuk pengaman di kursi belakang kanan dan kiri mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kendaraan ini gagal memenuhi persyaratan Federal Motor Vehicle Safety Standard nomor 208, Occupation Crash Protection" dan 209, "Seat Belt Assemblies."

Pilihan Editor: All New Hyundai Kona Meluncur Maret, Simak Spesifikasinya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi