LiDAR akan Terpasang di Mercedes-AMG GT Black Series Safety Car F1 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 11 Januari 2024 14:46 WIB
Luminar di Mercedes-AMG GT Black Series sebagai Safety Car F1 2024. (Foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTeknologi pemantau LiDAR, singkatan dari Light and Detection Ranging buatan Luminar sedianya akan dipasangkan di Mercedes-AMG GT Black Series sebagai Official FIA F1® Safety Car untuk musim F1 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Luminar adalah perusahaan teknologi otomotif global yang mengantarkan era baru keselamatan dan otonomi kendaraan. Selama dekade terakhir, Luminar telah membangun platform perangkat keras dan perangkat lunak/AI yang canggih untuk mendukung lebih dari 50 mitra industrinya, termasuk sebagian besar OEM otomotif global.

“Saya senang kami telah meluncurkan kemitraan baru ini dengan Luminar. Saya sangat terkesan dengan perjalanan mereka sejauh ini, teknologi mereka, dan pekerjaan yang telah mereka lakukan. Ini adalah bidang yang sangat menarik dan inovatif yang akan mempunyai implikasi luas bagi industri otomotif dan mobilitas secara umum,” ujar Toto Wolff, CEO dan Team Principal.

Toto Wolff menambahkan, “Kolaborasi kami akan memanfaatkan pengembangan awal antara Luminar dan Mercedes-Benz sebagai landasan, dan saya sangat antusias melihat bagaimana kami dapat mengembangkannya. Budaya inovasi dan kewirausahaan Luminar juga sangat sesuai dengan etos dan nilai-nilai kami, sehingga ini merupakan kolaborasi alami.”

Toto Wolff (CEO dan Team Principal Mercedes-AMG Petronas F1 Team), Austin Russell (Pendiri dan CEO Luminar), dan Markus Schäfer (Mercedes-Benz AG Chief Technology Officer & Mercedes-AMG Petronas F1 Team Non-Executive Chairman). (Foto: Mercedes-Benz)

LiDAR menggunakan laser untuk membuat peta 3D lingkungan sekitar yang sangat detail. LiDAR Luminar dipadukan dengan perangkat lunak AI-nya secara unik memungkinkan deteksi objek secara akurat pada kecepatan lebih tinggi dan dalam kondisi berkendara yang buruk. 

Teknologi Luminar dibangun dari tingkat chip ke atas, dan pada panjang gelombang yang lebih tinggi yang memungkinkannya melihat puing-puing jalan hingga 250 meter dan objek hingga 500 meter di depan.

Setelah beroperasi, dan tunduk pada kepatuhan dan persetujuan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Formula 1®, serta mematuhi peraturan FIA Formula 1, sensor akan membuat peta 3D lingkungan secara real-time sebelum balapan dimulai. 

FIA F1® Safety Car, terutama meningkatkan kemampuan pengemudi safety car untuk menilai situasi di lintasan sambil mempertahankan kecepatan tinggi yang diperlukan.

“Teknologi Luminar selalu mendorong batas performa sekaligus meningkatkan keselamatan otomotif - dan dengan F1, Mercedes-AMG membawanya secara ekstrem di panggung dunia para penggemar otomotif,” kata Austin Russell, Pendiri dan CEO Luminar. 

Markus Schäfer, Mercedes-Benz AG Chief Technology Officer & Mercedes-AMG Petronas F1 Team Non-Executive Chairman, memastikan, “Kemitraan dengan tim Formula 1 kami merupakan perpanjangan alami dari kemitraan Mercedes-Benz yang sudah ada dengan Luminar untuk membantu mewujudkan visi kami untuk mengemudi bebas kecelakaan di mobil produksi Mercedes. Mercedes-Benz selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi dan keselamatan dan kami berharap dapat melanjutkan upaya pengembangan kami bersama Luminar untuk menghadirkan teknologi ini ke tim F1 kami.”

Pilihan Editor: Mercedes-Benz dan Williams Racing Perpanjang Kontrak Formula 1 hingga Tahun 2030

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi