Protoype Mobil Listrik Porsche Macan Diuji hingga 3,5 Juta Kilometer
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 12 Januari 2024 14:00 WIB
Mobil Listrik Porsche Macan punya torsi hingga 1.000 Nm. (Foto; Porsche)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPorsche Macan akan memasuki generasi kedua sebagai mobil listrik, pertama yang menggunakan Premium Platform Electric (PPE) terbaru, SUV ini merupakan pengembangan yang benar-benar baru.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses pengujian juga rumit, di mana semua komponen dan sistem terkoordinasi secara sempurna satu sama lain. Pengujian nyata dengan prototipe yang disamarkan sangat penting bagi Porsche. 

Pada saat yang sama, simulasi di dunia maya dan terowongan angin menjadi semakin tepat dan menjadi semakin penting. Misalnya, membuat Porsche baru tidak hanya lebih sporty, tapi juga lebih efisien. 

“Saat kami mengembangkan model baru, tentu saja yang terpenting adalah dinamika dan presisi berkendara. Ini Porsche. Itu ada dalam DNA kita. Tapi ini selalu tentang efisiensi. Dan soal desain,” kata Jörg Kerner, Kepala Pengembangan Porsche Macan.

Mobil Listrik Porsche Macan diuji di sirkuit Nardo Italia. (Foto: Porsche)

Salah satu tantangannya adalah mempertahankan identitas produk model mobil listrik Porsche Macan yang sukses sekaligus memenuhi persyaratan aerodinamis untuk memastikan efisiensi tinggi dan jangkauan yang jauh. Selama pengembangan di dalam departemen desain dan uji aerodinamis di terowongan angin canggih milik Porsche.

“Menemukan hubungan optimal antara prinsip desain kami dan spesifikasi para ahli aerodinamis adalah sebuah tantangan,” kata Peter Varga, Kepala Desain Eksterior di Style Porsche. 

“Kami bekerja sama dalam setiap milimeter untuk mencapai keseimbangan optimal antara estetika dan fungsionalitas,” tambah dia.

Thomas Wiegand, Kepala Aerodinamika dan Aeroakustik. menjelaskan, “Kami sajikan spoiler belakang yang memanjang secara otomatis dan penutup pendingin aktif di saluran masuk udara depan.”

Wiegand dan timnya menentukan koefisien hambatan udara sebesar 0,25 (sebelumnya 0,35). Hal ini menjadikan bakal Porsche Macan terbaru menjadi salah satu SUV paling ramping di pasaran – dengan efek positif pada efisiensi. Jangkauannya menurut WLTP akan lebih dari 500 kilometer untuk semua turunannya.

Motor listrik Porsche Macan terbaru mengambil energi dari baterai lithium-ion di bagian bawah bodi mobil, yang kapasitas kotor 100 kWh-nya dapat digunakan hingga 95 kWh. Arsitektur PPE 800 volt memungkinkan pengisian cepat berkinerja tinggi yang sedang diuji di seluruh dunia sebagai bagian dari pengembangan.

Mobil Listrik Porsche Macan. (Foto: Porsche)

Daya pengisian DC pada stasiun pengisian daya 800 volt pada Macan baru mencapai 270 kW. Tingkat pengisian daya dapat ditingkatkan dari sepuluh menjadi 80 persen dalam waktu kurang dari 22 menit. 

Hingga saat ini, prototype Porsche Macan mobil listrik yang berkamuflase telah menyelesaikan lebih dari tiga setengah juta kilometer uji coba di trek uji dan di jalan umum.

“Kami mencakup semua rentang suhu. Dari minus 30 derajat Celcius di Skandinavia hingga plus 50 derajat Celcius, seperti yang kami alami di Death Valley di California,” kata Jörg Kerner Manager Pengembangan Porsche Macan.

Porsche secara eksklusif menggunakan motor PSM generasi terbaru yang digerakkan secara permanen pada gandar depan dan belakang. Mereka memungkinkan output overboost lebih dari 450 kW, mencapai efisiensi tinggi dan memastikan reproduksibilitas output daya yang optimal. Porsche Traction Management yang dikontrol secara elektronik mengelola distribusi torsi lebih dari 1.000 Nm.

Pilihan Editor: Porsche 911 Edisi 60 Tahun, Padukan Kekuatan Balap untuk Jalan Raya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi