2,1 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Cipali Saat Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 22 Maret 2024 06:00 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu 23 Desember 2023. Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Astra Tol Cipali selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan memperkirakan akan ada 2,1 juta unit kendaraan yang bakal melintasi Tol Cipali. Angka tersebut merupakan kumulatif saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,2 persen dibandingkan dengan volume lalu lintas pada periode yang sama di tahun lalu. 

"Sedangkan jika kami bandingkan dengan lalu lintas di Jalan Tol Cipali, maka lebaran nanti diprediksi terdapat peningkatan sebesar 79,9 persen," kata Sri Mulyo, dikutip Gooto dari Antara pada hari ini, Jumat, 22 Maret 2024.

Sementara itu, berdasarkan hasil analisa saat puncak arus mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan ada 122 ribu unit kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa melewati Jalan Tol Cipali. Lalu, saat arus balik volume lalu lintas diprediksi sebanyak 141 ribu unit kendaraan.

"Kami memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 akan berada di tanggal 6 April 2024. Sementara, puncak arus balik terjadi pada 14 April 2024," ucapnya.

Demi mengatasi penumpukkan kendaraan di Tol Cipali, Sri Mulyo mengatakan pihaknya akan mendukung pelaksaan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way dan contrflow. Pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini menyesuaikan dengan diskresi Korlantas Polri.

"Untuk menunjang pelaksaan rekayasa lalu lintas, kami mempersiapkan sarana prasarana berupa 5.000 rubber cone, 600 buah medium water barrier, serta 28 titik bukaan median (u-turn)," ucapnya.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Tips Usir Kantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi