Pabrik Baterai Honda dan LG di AS Bakal Beroperasi Akhir Tahun Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 22 Maret 2024 17:00 WIB
Pabrik baterai mobil listrik Honda dan LG Energy Solution. (Dok Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pabrik baterai mobil listrik Honda dan LG Energy Solution ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada akhi tahun ini. Pabrik seluas 609.000 meter persegi ini berlokasi di Jeffersonville, Ohio, Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembangunan pabrik itu dimulai pada Maret 2023 dengan total investasi mencapai $ 4,4 miliar. Pabrik ini akan memproduksi baterai jenis Lithium-ion tipe pouch pada 2025, dan akan memasok ke pabrik mobil listrik Honda di Amerika Utara.

"Struktur fasilitas pabrik baterai EV sudah memasuki tahap konstruksi akhir. Tahun lalu kami meletakkan batu pertama di tanah lapang dan sekarang kami dapat melihat hasil akhir untuk proyek ini," kata CEO New Joint Venture Company LG Energy Solution-Honda, Bob Lee dalam siaran pers yang diterima Gooto hari ini, Jumat, 22 Maret 2024.

Pabrik baru ini diklaim bisa menciptakan sekitar 2.200 pekerja baru saat mulai beroperasi. COO New Joint Venture Company LG Energy Solution-Honda, Rick Riggle mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah merakit tim baru untuk pengoperasian fasilitas baterai EV Honda-LG.

"Kami akan terus mengumumkan peluang karier baru dalam beberapa bulan mendatang, yang kami harap akan menginspirasi tenaga kerja generasi mendatang untuk terlibat dalam peran manufaktur canggih yang akan membantu memproduksi baterai Lithium-ion dan akan menggerakkan model EV Acura dan Honda yang akan diproduksi di Ohio pada akhir 2025," ujar Riggle.

Sekedar informasi, Honda berencana untuk meluncurkan 30 mobil listrik pada 2030 secara global, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon di semua lini produk dan aktivitas perusahaannya pada 2050.

Pilihan Editor: Jelang Moto2 Portugal, Mario Aji Masih Belajar Sesuaikan Diri

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi