3 Pembalap Wildcard yang Bakal Turun di MotoGP Spanyol 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 25 April 2024 19:00 WIB
Reaksi Dani Pedrosa dari Red Bull KTM Factory Racing setelah finis keempat di balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli, Misano Adriatico, Italia, Ahad, 10 September 2023. REUTERS/Jennifer Lorenzini
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, pada 26-28 April 2024, bukan hanya diisi oleh 22 pembalap reguler. Namun seri akhir pekan ini akan diikuti para pembalap test dari 3 pabrikan berbeda yang bakal mendapatkan jatah wildcard.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Para pembalap test memang bukan hanya menjajal motor sebelum balapan. Kini, jabatan tersebut makin populer untuk mengevaluasi perangkat baru. Alhasil, sejumlah tim pabrikan mencari rider yang mau melakukan tes secara khusus.

Selain itu para test rider juga ditugaskan untuk menjadi pembalap cadangan dan wildcard untuk mengumpulkan data bagi pengembangan motor.

Merangkum dari berbagai sumber, setidaknya akan ada 3 pembalap tes di MotoGP Spanyol yang bakal berlaga akhir pekan nanti. Berikut ulasannya:

1. Dani Pedrosa - KTM

Usai pensiun, Dani Pedrosa memilih menjadi test rider KTM. MotoGP Spanyol 2024 akan jadi wildcard keempatnya. Ia menjalani wildcard pertamanya di MotoGP Austria 2021, di mana ia finis ke-10.

Pada 2023, ia kembali menjalani balapan di MotoGP Spanyol dan San Marino, dan mengacak-acak persaingan papan atas.

KTM sendiri masuk Kategori C dalam aturan konsesi terbaru, di mana mesin mereka tak menjadi subyek pembekuan spek dan mendapatkan jatah enam wildcard per musim.

Maksimal tiga slot bisa dipakai sebelum larangan tes musim panas, sementara tiga lainnya bisa dipakai usai larangan tes musim panas.

2. Lorenzo Savadori - Aprilia

Lorenzo Savadori telah menjadi pembalap Aprilia sejak belia. Ia selalu membela pabrikan tersebut di WorldSBK maupun CIV Superbike.

Pada 2019, Aprilia mengangkatnya sebagai test rider di MotoGP. Namun, sejak 2020, ia menjadi test rider utama dan kerap menjalani wildcard di MotoGP.

Sama seperti KTM, Aprilia masuk Kategori C dalam aturan konsesi terbaru. Salah satu jatah wildcard mereka pun diserahkan kepada Savadori, yang terakhir kali menjalani balapan di MotoGP Valencia 2023.

3. Stefan Bradl - Honda

Honda sudah memakai jasa Stefan Bradl pada akhir 2017 setelah ia gagal tampil kompetitif bersama pabrikan Sayap Tunggal di WorldSBK. Sejak itu, juara dunia Moto2 2011 ini pun sangat terlibat dalam pengembangan RC213V.

Musim ini, Bradl menjalani beragam program tes di berbagai sirkuit. Pasalnya, Honda masuk Kategori D dalam aturan konsesi terbaru, di mana mereka mendapatkan izin tes tak terbatas dan spek mesinnya tak dibekukan. Honda juga mendapatkan jatah enam wildcard per musim yang bisa dipakai kapan saja.

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi