Tabrakan dengan Oscar Piastri, Carlos Sainz Kena Penalti 5 Detik di F1 Miami
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 6 Mei 2024 18:00 WIB
Pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr melaju dalam balapan Formula 1 Australia 2024 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu, 24 Maret. Pembalap Ferrari, Charles Leclerc finis di posisi kedua. Sementara di posisi ketiga ditempati pembalap McLaren Mercedes Lando Norris. REUTERS/Mark Peterson
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Carlos Sainz dijatuhi penalti 5 detik di Grand Prix Formula 1 atau F1 Miami, Senin dini hari, 6 Mei 2024. Hukuman itu diberikan setelah Sainz dianggap menjadi penyebab kecelakaan dengan Oscar Piastri (McLaren).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Insiden itu berawal ketika Carlos Sainz berusaha menyalip Oscar Piastri di Tikungan 17 Miami International Autodrome. Namun saat berbelok, pembalap tim pabrikan Ferrari tersebut kehilangan keseimbangan di bagian belakang sehingga menabrak rivalnya.

Tabrakan ini membuat mobil balap Oscar Piastri mengalami kerusakan di bagian sayap depan. Kondisi tersebut memaksa Piastri memasuki pit stop, dan membuatnya kehilangan posisi. Alhasil, ia hanya bisa finis di P13 pada F1 Miami 2024.

"Setelah sidang steward yang dihadiri oleh kedua pembalap dan perwakilan masing-masing tim, diputuskan bahwa Sainz yang harus disalahkan atas insiden tersebut, dengan pembalap Spanyol itu gagal mencapai puncak setelah terlambat melakukan pengereman, yang kemudian menyebabkan kehilangan bagian belakang. Para pengurus menyatakan bahwa Piastri telah memberikan ruang yang cukup untuk Sainz," tulis laman resmi Formula 1.

Laporan tersebut juga menyebut, jika Carlos Sainz tidak kehilangan keseimbangan di bagian belakang, kemungkinan besar kecelakaan itu tidak akan terjadi. Oleh karena itu, pihak penyelenggara memotong penalti yang seharusnya 10 detik, menjadi 5 detik untuk Carlos Sainz.

Hukuman ini membuar Carlos Sainz turun satu peringkat dari posisi akhirnya di balapan. Sebelumnya, Sainz berhasil menempati urutan ke-4 di akhir balapan Formula 1 Miami 2024. Namun karena terkena penalti, dia turun ke perongkat 5.

Sekedar informasi tambahan, Carlos Sainz saat ini berada di posisi ke-5 klasemen Formula 1 2024 dengan koleksi 83 poin. Jumlah poin tersebut sama dengan Lando Norris (McLaren) yang berada di peringkat ke-4. 

Pilihan Editor: Kalahkan Verstappen, Lando Norris Juara F1 Miami 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi