Audi Q5 Siap Meluncur di Pasar Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Juli 2009 21:14 WIB
www.indiaautomotive.net

TEMPO Interaktif, Jakarta:Tak ingin ketinggalan dengan pabrikan otomotif lainnya yang meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Audi akan meluncurkan medium SUV terbarunya, Audi Q5 pada Kamis (16/07) mendatang.

Audi Q5Namun, pabrikan asal Jerman itu menjatah pasar Indonesia hanya 50 unit saja.

"Kenapa kami hanya dijatah hanya 50 unit, karena permintaan mobil ini di negara-negara lain sangat tinggi. Sementara ceruk pasar Indonesia untuk mobil ini juga kecil. Tetapi kami optimis, permintaan mobil ini di pasar nasional juga besar," tutur Kepala Hubungan Masyarakat PT Garuda Mataram Motor-Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Audi di Indonesia, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Selasa (14/07).

Terlebih, sebut Wanny, varian medium SUV ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya, Audi i-Drive kini lebih canggih dibandingkan generasi pertama yang diluncurkan 2002. Dengan piranti itu, pengemudi selain bisa mengetahui informasi jalan di saat tersesat, juga bisa mengatur pola atau karakter kecepatan mobil seperti yang diinginkan. "Apakah ingin dinamis, comfort, sporty pengemudi tinggal menekan satu tombol, dan mobil tidak usah berhenti," jelas Wanny.

Sementara dari sisi mesin, Audi Q5 ini dibekali berkapasitas 2000 cc Turbo Fuel Stratified Gasoline Direct Injection (TFSI) yang mampu menghasilkan tenaga 211 daya kuda dengan torsi 350 Nm pada 4.200 rpm. Sejatinya, pada varian Q5 ini ada tiga tipe, yaitu Diesel Turbo Direct Injection (TDI) common-rail turbodiesel 2.0 liter dan 3.0 liter, serta mesin bensin berkapasitas 2.0 liter TFSI V4 Turbocharger Direct Injection.

Ketiganya menggunakan sistem penggerak empat roda Quattro khas Audi. "Tetapi untuk pasar Indonesia, kami menawarkan yang bermesin bensin," tandas Wanny.

Yang terang, mobil yang berperawakan aerodinamis dan memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.880 mm, serta tinggi 1.650 mm itu, akan menghadapi tantangan sengit dari SUV lainnya yang kini beredar di pasaran. Mampukah mobil yang disebut-sebut berbanderol sekitar Rp 920 juta ini memenangi persaingan? Kita tunggu saja.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi