Tiga Hari Lagi BMW Z4 Terbaru Meluncur di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 19 Juli 2009 18:08 WIB
Google.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT BMW Indonesia, Agen Tnggal Pemegang Merek BMW di Indonesia, 22 Juli mendatang resmi meluncurkan varian terbaru sedan BMW, yaitu BMW Z4 generasi kedua. Peluncuran mobil itu akan dilakukan saat pameran 'Principal of Joy' di Senayan City, Jakarta.

BMW Z4"Kami akan meluncurkan BMW Z4 terbaru pada 22 Juli nanti saat pameran 'Principal of Joy' di Senayan City, Jakarta. Soal bagaimana detail performa mesin, maupun desain eksterior, interior serta fiturnya, nanti saja kami jelaskan saat peluncuran. Yang pasti, semuanya merupakan advance dari varian-varian yang ada sebelumnya," tutur Helena Abidin, Direktur Komunikasi Perusahaan PT BMW Indonesia, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (17/07).

Sebelumnya, sedan berkapasitas mesin 2.300 cc hingga 3.000 cc dan dilengkapi twin-turbocharger serta teknologi high-precision direct injection itu, pertama kali diluncurkan di negeri asalnya, Jerman, pada pertengahan 2008 dan tampil di North America International Auto Show, 11 Januari 2009 lalu. Generasi pertama mobil ini telah beredar sejak 2002 lalu.

Sedan ini disebut Roadster, karena memiliki atap hardtop yang bisa dilipat secara otomatis ke bagasi dalam waktu 20 detik. Mobil dua pintu ini diproduksi dalam tiga tipe yaitu sDrive23i dengan mesin berkapasitas 2300 cc, sDrive30i 3000 cc, serta sDrive35i mesin 3000 cc. Semua mesin menggunakan sistem transmisi enam kecepatan manual dan otomatis.

Tipe sDrive35i yang merupakan tipe paling mewah, diklaim mampu memproduksi tenaga sebesar 306 daya kuda dan berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 5,2 detik. Pada tipe ini juga ada satu pilihan sub tipe yaitu Sport Package dengan sistem transmisi kopling ganda dengan tujuh kecepatan otomatis.

Kelebihan lain dari mesin mobil ini adalah, bahan atau materialnya. Mesin dengan enam silinder sedan yang juga disebut coupe itu, terbuat dari campuran magnesium dan alumunium, dengan berat total hanya 161 kilogram. Sehingga, meski ringan, namun sangat kuat. Sementara, soal kecanggihan fitur, tak perlu diragukan lagi. Salah satu diantaranya adalah, teknologi iDrive.

Dengan piranti itu, pengemudi dapat mengontrol fitur-fitur seperti suhu udara, audio serta sistem navigasi dan komunikasi dengan hanya menekan sebuah tombol kontrol yang terhubung dengan layar (Liquid Crystal Display) yang berada di dashboard mobil. Fitur yang disebut BMW Professional Multimedia Navigation itu, memungkinkan pengemudi lebih mudah mengontrol sistem perangkat audio maupun navigasi.

Perangkat ini juga telah dilengkapi hard disc dengan kapasitas 12 Gigabytes dan BMW ConnectedDrive. Sedangkan untuk memberikan jaminan keamanan saat berkendara, BMW Z4 terbaru ini, dilengkapi dengan Dynamic Stability Control (DSC), High Performance Breaking System serta Dynamic Traction Control

Alat ini selain berfungsi mengaktifkan Antilocking Brake System (ABS) dan mengurangi tenaga mesin secara otomatis, juga mengatur Brake Drying dan Brake Standby. Walhasil kemungkinan terjadinya slip, terutama saat berbelok bisa diminimalkan.

Sedan dengan dimensi panjang 4.239 mili m, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.291 mm ini juga dibekali Tyre Pressure Monitor, Adaptive Headlights. Selain itu, terdapat Efficient Dynamic yang menjadikan mesin lebih garang, efisien bahan bakar, tetapi tingkat emisi rendah.

Itulah diantara sederet fitur yang dilekatkan pada generasi terbaru BMW, Z4 2009. Lantas berapa harga yang dibanderol untuk sedan ini? Helena enggan menyebutkannya. "Nanti saja, kami umumkan," tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi