Hyundai i20, Sentuhan Eropa Harga Asia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 21 Juli 2009 23:12 WIB
Jongkie D. Sugiarto Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dan Erwin Djajadiputra, Vice Presiden Sales, Marketing, and After Sales PT HMI, berpose di depan Hyundai i20 yang diluncurkan di Jakarta, Selasa (21/7) (TEMPO/Raju Febrian)

TEMPO Interaktif, Jakarta:Persaingan di segmen hatcback semakin ketat dengan hadirnya varian hatcbcak baru, Hyundai i20, yang diluncurkan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Selasa (21/07).Mobil yang diposisikan sebagai pengganti Hyundai Getz itu, diklaim tak kalah kualitasnya dibanding varian hatcback yang telah diproduksi oleh pabrikan lain dan kini sudah beredar di pasaran.

"Varian ini adalah wujud komitmen kami yang konsen terhadap daya beli masyarakat, sehingga harga produk Hyundai akan semakin kompetitif, tetapi kualitas tetap terjaga," tutur Jongkie D Sugiarto, Presiden Direktur PT HMI, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Hyundai di Indonesia, di sela acara peluncuran Hyundai i20, di Mostacatly Cafe, Jakarta, Selasa (21/07).

Yang terang, selain dibekali performa mesin yang tangguh. Sederet fitur keselamatan dan kenyamanan juga dilekatkan Hyundai i20. Terlebih, harganya juga terbilang kompetitif dibanding varian sejenis produksi pabrikan lain.

Mobil yang pertama kali diperkenalkan ke umum pada perhelatan Paris Motor Show, Oktober 2008 lalu itu, kini dihadirkan dalam dua varian. Pertama varian mesin bensin empat silinder 1.396cc bertenaga 100ps pada 5.500rpm dan torsi 13,9kg pada 4.200rpm dan mesin 1.591cc 124ps pada 6.300rpm dengan torsi 15,9kgm pada 4.200rpm. Kedua, varian mesin diesel berteknologi common rail CRDi 1.396cc bertenaga 90ps pada 4.000rpm dan torsi 22,5kgm pada 1.750-2.750rpm.

Kedua varian itu disajikan dalam dua lima tipe yaitu GL transmisi manual dan transmisi otomatis, SG dengan transmisi manual dan otomtais. Sedangkan untuk varian diesel, yaitu 1.4L CRDi. Hyundai i20 adalah hatchback medium city car yang dirancang di pusat desain Hyundai di Russelsheim, Jerman.

Karenanya, jangan heran bila tampilan mobil ini penuh dengan sentuhan Eropa. Roda kemudi, misalnya, bisa diatur - dinaik turunkan, sesuai dengan posisi duduk pengemudi. Sehingga, pengemudi akan merasa nyaman tanpa mengubah gaya atau posisi duduk. Mobil ini telah dinyatakan lulus, dalam proses uji keselamatan standar Eropa atau Euro NCAP (The European New Car Assessment Programme) dengan peringkat lima bintang atau tertinggi dalam hal keselamatan.

Dalam proses uji itu, i2o berhasil lolos untuk empat kategori yang ditetapkan, yaitu melindungi penumpang dewasa, melindungi anak, melindungi pejalan kaki, serta fitur keselamatan tambahan. Masih dalam hal keselamatan, i20 juga dilengkapi airbag, seatbelt pretensioner, dan rem Antilock Brake System (ABS) generasi terbaru dengan fitur EBD dan Electronic Stability Program.

Soal kenyamanan bagi pengemudi, juga tak luput dari perhatian Hyundai Motor. Untuk memudahkan pengendalian misalnya, mobil ini dilengkapi dengan Motor Driven Power Steering (MDPS). Masih soal kenyamanan, pada lingkar roda kemudi terdapat tombol pengaturan audio untuk mengoperasikan fasilitas hiburan pemutar MP3 dan CD terintegrasi.

Lantas berapa harga yang dipatok untuk mobil ini? Tentunya sesuai dengan tipe dan perlengkapan fitur yang diberikan. Tipe i20 GL manual misalnya, dibanderol Rp 153 juta, dan Rp 165,5 juta untuk tipe yang sama dengan transmisi otomatis. Sedangkan untuk varian SG manual dibandrol Rp 161 juta, dan untuk yang bertransmisi otomatis Rp 173,5 juta.

Sementara, varian 1.4L CRDi diesel yang bertransmisi manual dibandrol Rp 177, 5 juta. "Harga semua tipe itu Off The Road karena setiap daerah masing-masing memiliki kebijakan biaya BBN (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) yang berbeda beda," tandas Jongkie.

Saat ini ada enam pilihan warna yang ditawarkan, yaitu crystal white, black diamond, sleek silver, sparkle blue, electric red, dan dark grey metallic. Dengan sajian performa mesin, fitur, desain eksterior dan interior, serta harga yang kompetitif, Hyundai i20 siap menggempur pasar hatcbcak yang kini telah diisi Jazz, Swift, dan Yaris.

Sebelumnya, di pasar varian hatcback ini, Hyundai menghadirkan Gertz, dan kini i20 diposisikan sebagai pengganti Gertz. Seberapa berhasil, mobil produksi pabrikan Korea ini mampu menerobos ketatnya persaingan? Waktulah yang akan membuktikan.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi