Toyota Hadirkan Toyota iQ di Ajang IIMS 2009
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 23 Juli 2009 22:17 WIB
Google.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Dalam pameran Indonesian International Motor Show Ke-17 (IIMS) 2009 yang akan diselenggarakan di Pekan Raya Jakarta pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2009, Toyota akan menampilkan 11 produk komersial dan dua produk khusus.

"Kesebelas linu up itu adalah, Prius III, Alphard 2.4, Fortuner TRS Sportivo, Innova G Luxury, Hillux G Grade, New Camry, Corolla Altis, Rush, Avanza, Yaris, dan Vios. Sementara dua produk spesial, yakni Toyota IQ dan Toyota Rin," tutur Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu (22/07).

Toyota iQSesuai dengan sebutannya, sebagai produk khusus, dua nama yang terakhir tentu masih asing di telinga. Maklum, keduanya merupakan produk baru Toyota. Toyota iQ misalnya, seperti yang disebutkan dalam situs resmi Toyota, baru dipasarkan di Jepang November 2008 lalu.

Mobil ultra kompak, bermesin 1.000 cc itu, di Jepang diklaim sebagai mobil yang dikhususkan bagi para pecinta fanatik mobil kompak. Toyota iQ juga disebut-sebut sebagai saingan terberat mobil mungil produksi Mercedes-Benz, Smart.

Yang terang, mobil ini menjanjikan keselamatan serta handling bagi pengemudinya. Meski ukurannya mini, namun mobil ini dilengkapi sembilan kantong udara. Salah satu kantong udara itu berbentuk tirai yang berada di kaca belakang untuk melindungi penumpang yang duduk di bangku belakang.

Mobil dengan panjang tiga meter itu, juga disebut sebagai mobil yang irit bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah. Dalam pengujian yang dilakukan di Jepang, iQ mampu menempuh jarak 23 kilometer untuk setiap satu liter bahan bakar.

Mobil yang versi produksinya nongol di Paris Auto Show, 2 Oktober 2008 lalu itu, namanya memiliki sederet makna. Nama "i" diartikan individuality, innovation, serta intelligence. Sedangkan, "Q" berarti quality. Lantaran itulah, bukan hanya keamanan semata yang ditonjolkan mobil ini, tetapi juga kenyamanan.

Saat pertama dipasarkan di Jepang, November 2008 lalu, mobil ini dibanderol 1,4 juta Yen atau US$ 14.000.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi