Toyota Akhirnya Pasarkan Prius III  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Juli 2009 17:28 WIB
Dok: Toyota
TEMPO Interaktif, Jakarta - Setelah lama ditunggu oleh para peminat mobil hybrid di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), Agen Tunggal Pemegang Merek Toyota di Indonesia, akhirnya secara resmi memasarkan varian sedan hybrid Prius III. Toyota meluncurkan generasi ketiga varian sedan hybrid itu di ajang Indonesia International Motor Show 2009, di Jakarta International Expo, Jumat (24/7).

“Minat masyarakat terhadap kendaraan hybrid, yang merupakan kendaraan masa depan di Indonesia sangat tinggi. Karena itulah, kami hadirkan Prius III ini. Prius I dan II memang tidak dipasarkan. Tetapi karena melihat animo yang begitu besar, maka kami hadirkan Prius III,” tutur Djoko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT TAM, saat ditemui di sela acara peluncuran Prius III, di Jakarta International Expo, Jumat (24/7).

Djoko mengatakan, sedan yang dibanderol Rp 585 juta on the road itu, bermesin 1.800 cc, namun dengan kesempurnaan paduan motor listrik mampu menghasilkan tenaga setara dengan mobil bermesin 2.400 cc. 

“Jika dipadukan dengan listrik sebesar 50 KW, maka tarikannya lebih bagus daripada sedan bermesin 2.300,” tandas Djoko.

Sementara itu, Cahaya Fitri Tantriani, Marketing Communication Auto 2000 Toyota, menyebutkan di Indonesia, Toyota Prius III banyak diminati oleh kalangan ekspatriat. “Mereka umumnya tertarik karena sedan ini selain menawarkan kenyamanan dan keamanan berkendara tingkat tinggi, juga ramah lingkungan,” ujar dia saat ditemui Tempo di area IIMS.

Prius telah memenuhi standar regulasi emisi Euro 5 yang saat ini telah diberlakukan di berbagai negara. “Standar emisi ini untuk mereduksi karbon dioksida melalui kesempurnaan efisiensi bahan bakar,” terang Tantri.

Sementara dari sisi kenyamanan, Prius III ini dilengkapi dengan penyekat suara dan peredam getaran yang menjamin kabin lebih senyap bagi penumpang di dalamnya. Tak hanya itu, sedan berdimensi panjang 4.460 milimeter (mm), lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.480 mm itu, juga dilengkapi sederet fitur.

Di antara fitur itu adalah Electronic Shift Lever yaitu pengoperasian lotomatis untuk memudahkan pengemudi dalam memindah gigi dengan hanya sentuhan ringan. Untuk posisi parkir cukup dengan satu sentuhan saja.

Fitur lainnya, Drive Mode Switch dengan tiga tombol: mode, eco mode, serta electric vehicle. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengemudi untuk memilih cara berkendara sesuai dengan gaya mengemudi. Dan yang tak kalah canggihnya adalah, New Smart Entry yaitu cukup membawa electronic key pintu akan terbuka secara otomatis. Dengan piranti ini pula, menghidupkan mesin cukup mudah dengan menekan pedal rem dan tombol power.

Itulah, beberapa di antara fitur dari sederet fitur yang disediakan oleh Toyota bagi varian hybrid terbarunya yaitu Prius III.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi