Hyundai i20 Diidolakan Kaum Hawa di IIMS
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 27 Juli 2009 22:56 WIB
Hyundai i20 saat acara Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-17 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta PusatFoto: Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta:Jagoan baru PT Hyundai Mobil Indonesia,yaitu Hyundai i20 diam-diam menyedot perhatian pengunjung terutama para perempuan.Varian hatchback keluaran pabrikan asal Korea itu, banyak dihampiri kalangan kaum hawa di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009.

Hyundai i20Lantas apa yang membuat mereka tertarik dengan city car bermesin 1.400 cc dengan tipe mesin bensin dan diesel itu? "Kalau saya sih melihat mobil ini bentuknya kompak, teknologinya oke, apalagi fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan mobil sejenis lainnya," tutur Imelda Chandra, warga Kelapa Gading, pengunjung stan Hyundai di Hall D, Jakarta International Expo, kepada Tempo, Senin (27/07).

Alasan serupa juga diutarakan, Yekti Pusparini. Karyawati sebuah perusahaan ekspedisi yang berkantor di kawasan Kemayoran itu mengatakan, dirinya tertarik dengan mobil yang diluncurkan 21 Juli lalu itu, karena mobil tersebut cocok untuk mendukung kegiatannya sehari-hari. "Rasanya pas ya kalau perempuan menggunakan mobil city car, untuk ke kantor, mengantar anak, berbelanja, atau bahkan kalau ke luar kota. Anggun deh pokoknya," sebut Yekti.

Selain itu, kata Yekti, harga mobil tersebut juga kompetitif. Pada sisi lain, teknologfi serta fitur yang ditawarkan tak kalah dengan mobil produksi pabrikan dari negara lain. Sebelumnya, saat meluncurkan Hyundai i20, Selasa (21/07) lalu, Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia, Jongkie D Sugiarto mengatakan, meski pihaknya mempertimbangkan harga produk sesuai dengan daya beli masyarakat namun bukan berarti tidak memperhatikan kualitas.

"Ini merupakan komitmen kami, produk Hyundai akan semakin kompetitif tanpa meninggalkan kualitas," ujar dia beberapa waktu lalu.

Ketika Tempo melongok ke interior mobil ini, terlihat di lingkar kemudi terdapat Audio Control untuk mengoperasikan fasilitas hiburan pemutar MP3 dan CD terintegrasi. Piranti canggih berupa Motor Driven Power Steering (MDPS) yang membuat konsumsi bakar bisa lebih efisien melengkapi fitur yang ada di mobil ini.

Sementara dalam hal keamanan berkendara, mobil ini diklaim telah lulus uji European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) dan memperoleh peringkat bintang lima. Dengan demikian, aman bagi penumpang dewasa maupun anak-anak, bahkan bagi pejalan kaki. Tak ketinggalan seperangkat airbag, seatbelt pretensioner, dan rem Antilock Brake System (ABS) generasi terbaru dengan fitur Electronic Brake force Distribution (EBD) dengan Electronic Stability Program juga disematkan di mobil ini.

Lantas berapa mobil ini dibanderol? Dari data di brosur yang diberikan petugas di stan, kisaran harga antara Rp 153 juta-Rp 177 juta off the road per unit, sesuai dengan tipenya. Tipe i20 GL manual misalnya, dibanderol Rp 153 juta, dan Rp 165,5 juta untuk tipe yang sama dengan transmisi otomatis.

Sedangkan untuk varian SG manual dibandrol Rp 161 juta, dan untuk yang bertransmisi otomatis Rp 173,5 juta. Sementara, varian 1.4L CRDi diesel yang bertransmisi manual dibandrol Rp 177, 5 juta.

Mobil ini ditawarkan dalam enam pilihan warna, yaitu crystal white, black diamond, sleek silver, sparkle blue, electric red, serta dark grey metalic.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi