Toyota Hilux Tipe G Tekankan Fitur Keamanan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Juli 2009 21:07 WIB
Dok: Turbo Squid

TEMPO Interaktif, Jakarta:Setelah dua tahun meluncurkan varian Toyota pick up single cabin, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota di Indonesia, memasarkan varian double cabin Toyota Hilux. Kendati hanya facelift, namun Toyota Hi Lux G Grade ini menekankan pada satu unsur penting yaitu keamanan.

Hilux D-cab"Soal safety (kselamatan) merupakan hal yang utama. Karena kendaraan ini (Hilux Double Cabin) merupakan kendaraan angkut di area yang memiliki risiko keamanan tinggi, seperti daerah pertambangan," tutur Direktur Pemasaran Djoko Trisanyoto, di sela peluncuran Toyota Hi Lux Double Cabin, di Jakarta Intenational Expo, Selasa (28/07).

Diantara fitur penunjang keselamatan yang disematkan pada mobil ini antara lain, SRS Airbag serta sistem pengereman Antilocking Brake System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution (EBD). Sementara pada dashboard juga terdapat multi information display. "Penekanan pada fitur keamanan itu kami berikan karena itulah permintaan konsumen," tandas Djoko.

Sementara fitur yang lain, yang terdapat di bagian interior, antara lain combination speedometer dilengkapi optitron, audio 2 DIN, single CD dengan enam speaker. Jok generasi terbaru di keluarga pick up keluaran Toyota ini adalah, dari bahan kulit.

Sedangkan di bagian interior, perubahan yang mencolok dibanding generasi sebelumnya, Hilux single cabin atau tipe E, adalah tambahan lampu kabut (fog lamp). "Dan kalau kita cermati, lampu kabut ini dibingkai dengan krom serta bed liner, itu dimaksudkan untuk menghindari baret atau lecet di saat mobil digunakan mengangkut barang," terang Djoko.

Lantas berapa generasi terbaru pick up di trah Toyota ini dibanderol? Djoko menyebut, harga on the road Jakarta Rp 313 juta. Namun, ia menambahkan, segmen pasar yang dituju TAM untuk varian terbarunya itu adalah sektor pertambangan.

"Sektor pertambangan merupakan segmen terbesar produk ini. Karena itu juga, tambahan fitur keamanan akan menjadi jawaban kebutuhan sektor dalam menjalankan operasional sehari-hari. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, saya yakin Hilux Double Cabin ini akan dapat terserap dengan baik oleh pasar Indonesia," papar dia.

Terlebih, lanjut Djoko, peluang pasar varian ini juga masih cukup besar. Menurut dia, angka penjualan kelas ini di tahun 2008 mencapai angka 2.000 unit.

Hitux baru ini, memiliki sistem transmisi dua model, yaitu  otomatis dengan empat percepatan  dan manual dengan lima percepatan, ini juga dilengkapi sistem penggerak empat roda (4WD)

Kini, mobil bermesin 3.000 cc 2KD-KVT 4 silinder 16 valve DOHC yang menjadi salah satu andalan TAM, itu ditawarkan dalam tujuh warna pilihan, yakni white, silver metallic, beige metallic, dark green metallic, black mida, med grey metallic, dan blue metallic.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi