Toyota Boyong Mobil Pintar RiN ke IIMS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 29 Juli 2009 20:11 WIB
Toyota Rin
TEMPO Interaktif, Jakarta - Di tengah kelangkaan mobil konsep pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, PT Toyota Astra Motor (TAM) memboyong Toyota RiN ke arena perhelatan pameran otomotif tersebut. Kehadiran mobil yang diklaim mampu membaca psikologi pengemudi dan ramah lingkungan itu dimaksudkan untuk menjaga citra Toyota sebagai produsen otomotif yang selalu inovatif.

“Kehadiran Toyota RiN ini menjadi satu bukti bahwa inovasi merupakan nafas dari Toyota, dengan terus membuat produk yang ramah lingkungan, serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen,” papar Achmad Rizal Kepala Komunikasi Perusahaan PT TAM, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Rabu (29/07).

Rizal menyebut, ada sejumlah keunggulan yang dimiliki mobil konsep tersebut. Di antaranya, adalah sebuah fitur pintar yang berwujud sebuah piranti yang bisa mengukur mood atau emosi pengemudi yang kemudian menampilkannya dalam sebuah layar monitor. “Misalnya, saat emosi pengemudi tidak stabil karena sedang marah, mengantuk, atau bosan, sensor akan merekam dan kemudian mengingatkan bahwa kondisi tersebut berbahaya bagi pengemudi,” jelas Rizal.

Tak hanya itu, mobil yang pertama kali ditampilkan di Tokyo Motor Show 2007 itu tampilan eksteriornya dari bagian samping hingga atas, didominasi kaca-kaca berwarna hijau. Eksterior itu juga memiliki perlindungan maksimal bagi pengemudinya dari kemungkinan bahaya yang ditimbulkan oleh sinar mataharai. Pasalnya, dengan kaca berwarna hijau itu penyerapan sinar ultraviolet dan inframerah dari sinar matahari bisa diminimalkan. Bahkan dihilangkan sama sekali.

Walhasil, bukan hanya kulit yang diselamatkan dari ganasnya sengatan sinar matahari saja, tetapi kejelasan pandang pengemudi terhadap kondisi sekitarnya yang lebih terang dan jelas juga tercipta. Sementara di bagian interior, jok dirancang sesuai dengan gaya atau kebiasaan duduk yang sehat. “Dengan demikian, posisi tulang punggung berada pada posisi paling pas, bahkan juga bisa memberikan kehangatan,” tambah Rizal.

Di samping itu, mobil dilengkapi pula dengan alat pengatur jumlah oksigen plus pengatur kelembaban udara agar tetap nyaman dan sehat. Sedangkan, lampu utama mobil dengan pintu geser (sliding door) ini, dirancang tak silau dan memperjelas obyek-obyek yang ada di depannya, baik penyeberang jalan, atau kendaraan lain.

Pendaran cahaya lampu lampu pun diatur sedemikian rupa sehingga terdistribusi secara otomatis untuk menerangi obyek. Dengan demikian, kendaraan yang berlawanan arah atau pejalan kaki yang melintas berlawanan arah tidak akan merasa silau dengan pendaran cahaya lampu mobil ini. Itulah beberapa di antara sederet fitur canggih yang disematkan pada Toyota RiN.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi