i-MiEV Sport Sosok yang Membuat Penasaran
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 30 Juli 2009 22:19 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta:Berapa ya ini harganya? Sudah dijual di sini (di Indonesia) ya?,". Itulah pertanyaan yang meluncur dari mulut salah seorang pengunjung yang menyambangi stan Mitsubishi di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis (30/07).

i-MiEVPertanyaan belum sempat dijawab wanita cantik penjaga stan, pertanyaan lain terlontar dari mulut pengunjung lainnya. "Ini mobil city car berapa cc ya mesinnya?. Tapi kok hanya dua tempat duduk, lebih mirip mobil sport ," ujar pria berperawakan tinggi besar itu.

Serentetan pertanyaan pun segera terhenti, saat penjaga stan yang mirip seorang bintang sinetron itu segera menjelaskan ihwal jati diri mobil yang tengah menjadi perhatian itu.

"Mobil ini adalah mobil eco car yang merupakan inovasi terbaru dari Mitsubishi Motor. Namanya, Mitsubishi i-MiEV Sport, yang merupakan kendaraan bermesin listrik, namun memiliki laju kecepatan umumnya mobil sport," papar penjaga stan itu dengan senyuman mengembang.

Sebelumnya, Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT Kramayudha Tiga Berlian, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia, saat dihubungi Tempo, Rabu (29/07) mengatakan i-MiEV adalah kendaraan listrik inovatif Mitsubishi.

"Jadi i-MiEV Sport atau Mitsubishi Innovative Electric Vehicle adalah kendaraan sport masa depan, yang merupakan wujud inovasi terus menerus dari Mitsubishi," terang Rizwan.

Rizwan menambahkan, kata kunci dari sebuah mobil di masa mendatang haruslah ramah lingkungan. Pengertian ramah lingkungan tak sebatas konsumsi bahan bakar yang efisien semata, atau emisi gas buang yang rendah saja. "Tetapi ramah lingkungan disini juga harus bersifat menyeluruh, mulai dari komponen bahan baku mesin hingga, kerangka, interior juga bersifat ramah terhadap lingkungan," papar dia.

Tak ada yang salah dengan ucapan Rizwan. Bila dicermati, mobil listrik sport dua pintu itu, tampil dengan performa sporty. Mobil sport ini menempatkan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi di kolong.

Sementara mesin, inverter dan charger diletakkan di bawah bagasi. Bodi mobil ini menggunakan struktur bingkai ruang alumunium yang ringan, kaku, namun sangat kuat. Walhasil, akan menghemat sumber tenaga.

Begitu pun dengan suspensinya, banyak menggunakan alumunium. Lagi-lagi, penggunaan bahan alumunium itu, selain ringan sehingga meningkatkan performa kecepatan, juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Tetapi satu hal yang patut dicatat, kendati mobil listrik nan ramah lingkungan, tapi tak berarti meninggalkan aspek estetika. Memang, pada bagian interior mobil ini berbentuk sederhana, namun menawarkan ruang yang nyaman dengan desain geometris. Warnanya pun memadukan unsur keindahan dan kesehatan, yaitu dominasi warna putih dan hijau tua sehingga terkesan sporti dan energik, serta memberi ketenangan.

Soal penunjang kenyamanan tak sebatas itu. Masih di ruang kabin, seperangkat alat pendingin ruangan dengan penyaring udara bio (filter bio-clear) dan piranti penghasil oksigen dan aroma tersedia. Malah, agar pendingin ruangan bekerja secara efektif sekaligus menghemat pemakaian energi digunakan kaca pengontrol sinar matahari.

i-MiEV Sport ini menggunakan sistem tiga mesin, yaitu dua mesin in-wheel yang menggerakkan roda depan, serta mesin tunggal yang memberi kekuatan pada roda belakang. Sistem yang dikenal dengan sistem All Wheel Control (AWC) itu memadukan sistem kontrol Electric powered 4 wheel drive (E-4WD), Electric Active Yaw Control (E-AYC), Antilock Brake System (ABS), serta Active Stability Control (ACS).

Dengan sistem ini, maka handling juga semakin mantap dengan stabilitas yang sempurna, sehingga menunjang performa laju kendaraan. walhasil, keraguan terhadap performa kecepatan sebuah mobil listrik yang tak secepat mobil berbahan bakar minyak pun akan pupus.

Itulah jati diri dari sebuah mobil konsep yang bernama Mitsubishi i-MiEv Sport yang diboyong PT KTB ke ajang pameran IIMS yang saban hari menyedot perhatian pengunjung pameran otomotif terbesar di tanah air ini.

Namun, jangan pernah berharap mendapatkan jawaban saat bertanya berapa harga mobil ini?Pasalnya, mobil ini belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Ada sejumlahmasalah yang harus diselesaikan untuk menunjang keberadaan mobil ini, salah satunya dan yang paling vital adalah, keberadaan infrastruktur pengisian baterai penyimpang energi listrik. Oh ya, perlu diketahui, mobil ini adalah mobil dengan energi listrik yang disimpan dalam sebuah baterai dari bahan lithium.  

Yang pasti, sebagian besar pengunjung stan Mitsubishi dan bertanya ihwal jati diri mobil listrik sport itu, hanya bergumam "Wah, hebat juga", begitu mendapat penjelasan. Masih penasaran? Datang saja ke IIMS, masih ada waktu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi