Lebaran H-6, Penjualan Ban Melonjak  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 14 September 2009 17:22 WIB
TEMPO/Bagus Indahono

TEMPO Interaktif, Jakarta:Enam hari menjelang lebaran, toko ban diserbu calon pemudik, kenaikan penjualan rata-rata mencapai 80 - 100 persen. Ban yang paling banyak dicari adalah Bridgestone, Goodyear, serta Achilles.

Penggantian Ban di Gerai Penjualan Ban"Sejak lima hari yang lalu penjualan kami meningkat dua kali lipat, atau 100 persen. Sebelumnya penjualan rata-rata hanya empat sampai enam setiap harinya, tetapi saat ini delapan sampai dua belas," tutur Charly, pemilik Toko Dunia Ban, di pusat pertokoan Kebon Nanas, Cikokol, Tangerang, kepada Tempo, Senin (14/09).

Charly mengaku, rata-rata para pemilik mobil yang mengganti bannya, membeli hanya dua hingga empat. "Jarang yang satu set atau lima sekaligus. Ban yang paling banyak dicari Bridgestone dan Achilles, ya komposisinya 60 :40," terang dia.

Menurut Charly, orang memilih Bridgestone karena merek ini sudah banyak dikenal. Sehingga, meski berharga lebih mahal dibanding merek lainnya, ban ini masih teratas dalam penjualan di gerai eceran. "Kalau Achilles karena harganya murah dan mutunya juga lumayan. Banyak orang yang suka juga," jelasnya.

Peningkatan penjualan juga dialami Subur Jaya Ban, di kawasan Jalan Veteran Bintaro. Peningkatan dirasakan sejak sepekan yang lalu. "Ya dua kali lipat, kalau biasanya enam sampai delapan saat ini sampai enam belas," aku Hendra Setiawan, pimpinan toko.

Seperti halnya di toko milik Charly, di Subur Jaya, ban yang paling banyak dibeli adalah ban merek Bridgestone. Sementara di urutan kedua ban Dunlop, dan ketiga Goodyear. "Bridgestone mencapai 50 persen, 25 persen Dunplop, 15 persen Goodyear, 10 persen merek lain, misalnya Achiles," sebut Hendra.

Dari pantauan Tempo, sejak pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB, antrian para pengganti ban di beberapa toko ban cukup ramai. Antrian terlihat di gerai Pit Stop sektor IX Bintaro, Permaisuri Ban di jalan Mahakam, serta Sentra Ban di kawasan Mampang.

Sementara itu, John B. Arsjad, Direktur Pemasaran PT Bridgestone Indonesia mengatakan selama masa lebaran, pihaknya menargetkan penjualan naik 40 persen dibanding bulan-bulan sebelumnya. John mengaku yakin target itu bakal tercapai mengingat jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Sedangkan, mobil yang digunakan pemudik kebanayakan adalah mobil lama. "Ini artinya, banyak sekali mobil lama yang digunakan untuk mudik. Dengan demikian, bisa diperkirakan permintaan ban juga akan meningkat, dan memang saat ini pasar kami yang terbesar ada di after market," tutur John kepada Tempo beberapa waktu lalu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan ritel selama Januari - Juni hanya sekitar 211 ribu unit turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 285.431 unit. Bahkan, hingga akhir tahun ini penjualan mobil diperkirakan sulit menembus angka 500 ribu unit.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi