Mobil Murah Ford Dipasarkan Kuartal Pertama 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 September 2009 15:32 WIB
Dok: Ford

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal Amerika, Ford Motor Company pada kuartal pertama 2010 mendatang akan memasarkan varian hatchback yang berukuran kecil, Ford Figo.

Mobil yang akan diproduksi dalam dua tipe mesin yaitu mesin bensin 1.200 cc dan mesin diesel 1.500 cc tersebut, akan dipasarkan di India antara Januari - Maret 2010.Namun, ke depan, mobil itu tidak hanya ditujukan untuk pasar India semata tetapi juga akan dipasarkan di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Ford Figo"Kami harus berada di sini (India) karena segala kejadian yang menyangkut mobil kecil berada di India. Dan kami akan bermain di jantung pasar mobil kecil (India)," ungkap Alan Mullaly, Chief Executie Officer Ford Motor Company kepada ZigWheels.com.

Mullaly mengaku, Ford tak ingin kehilangan kesempatan, karena saat ini merupakan era mobil kecil. Bahkan, pasar mobil kecil diperkirakan akan mencapai 70 - 80 persen dari total pangsa pasar mobil baru.

Dia menyebutkan, varian terbaru dari Ford tersebut memiliki sejumlah keunggulan daya saing. Ford Figo, sebut Mullaly, dirancang dengam platform baru yang dikembangkan oleh Ford dengan menggunakan tim global dan tim Ford India sebagai ujung tombak pelaksanaannya. Mobil baru ini akan dibangun sebagai hatchback, notchback, bahkan MAV (multi activity vehicle) atau kendaraan untuk berbagai aktivitas dan konfigurasi lainnya untuk menghasilkan produk terbaik," aku Mullaly.

Untuk proyek pengembangan Ford Figo yang dipusatkan di Chennai, sebuah kota di bagian Selatan India itu, Ford telah menggelontorkan dana tak kurang dari US$ 500 juta. Pabrik tersebut mempunyai kapasitas produksi hingga 200 ribu unit per tahun.

Sementara ihwal harga, Mullaly tak bersedia memerincinya. Dia hanya menyebutkan bahwa harga mobil empat pintu itu, sangat kompetitif khususnya bila dibanding varian sejenis yang saat ini ada di pasaran.

Seperti diketahui, varian city car yang saat ini tengah digandrungi pasar India adalah produk dalam negeri mereka, Tata Nano yang berbanderol US$ 2.000. Akankah Ford Figo semurah Tata Nano? Kita tunggu saja awal 2010.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi