Oli Pertamina Rambah Pasar Australia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 Oktober 2009 14:44 WIB
TEMPO/Zulkarnain

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT. Pertamina (Persero) melalui Unit Bisnis Pelumas melebarkan wilayah pemasaran produk pelumas (oli) ke Australia. Jumat (23/10) lalu, Pertamina resmi meluncurkan produknya di Negeri Kanguru itu.

Oli PertaminaPeluncuran dilakukan oleh Ministry of Transportation New South Wales, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, serta Konsul Jenderal RI di Wisma Negara Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney.

"Segmen oli yang dipasarkan ke konsumen Australia meliputi segmen otomotif dan industri. Beberapa merek produksi oli yang berkualitas tinggi dari Pertamina adalah Fastron, Prima XP, Meditran SX dan lain-lain," tutur Redesmon Munir Asisten Managaer Retail Marketing Brand Communication Pertamina Pelumas, di Jakarta (27/10).

Redesemon menambahkan pasar Australia sangat menarik bagi Pertamina. "Sebab, selain jaraknya yang relatif dekat juga memiliki nilai yang cukup karena termasuk negara Barat," terang dia. Kebutuhan oli Australia sekitar 550.000 kilo liter per tahun.

Pada tahap awal ini, sasaran pasar yang dibidik adalah segmen otomotif. "Baik Top Tier maupun Mid Tier, dengan kebutuhan 260.000 kilo liter atau 48 persen dari kebutuhan nasional (Australia)," jelas Redesmon.

Pertamina mematok target penjualan 3-5 kontainer per bulan. Dengan perkiraan pertumbuhan bisnis 15-20 per tahun, pada 2015 pertumbuhan bisnis oli Pertamina di Australia telah mencapai lebih dari 5.000 kilo liter per tahun

Sementara ihwal jaringan pemasaran, Redesmon mengaku pihaknya membidik independent garage, taxi pool, bus and truck pool, serta toko pengecer suku cadang otomotif (autoparts) independen sebagai titik penjualan "Pertamina juga telah menunjuk satu Country Distributor, Offshore Lubricants Pty Ltd yang beralamat di 28 Bryant Street, Padstow NSW 2211 Australia," ujarnya.

Distributor itulah yang menyalurkan produk itu ke jaringan atau titik pemasaran yang dibidik tersebut. Saat ini penyaluran telah berjalan dan konsumen sudah bisa mendapatkan produk Pertamina tersebut.

Selain meluncurkan secara Resmi di kota Sydney, Pertamina juga meresmikan dua bengkel resmi Pertamina OliMart di Sydney, yang berlokasi di Enmore Street dan Canterburry Road. Bengkel hasil kerjasama Pertamina, Country Distributor, dengan para independent garage itu selain menjadi titik penjualan oli juga menjadi tempat edukasi dan promosi produk pelumas.

Menyinggung keunggulan yang dimiliki pelumas Pertamina, Redesmon mengklaim oli Pertamina dibuat dari campuran base oil yaitu mineral dan fully synthetic ditambah dengan aditif yang diproduksi oleh perusahaan kelas dunia seperti Lubrizol, Infenium, Chevron Oronite, sehingga menghasilkan pelumas berkualitas tinggi.

Selain itu, oli Pertamina bersertifikat American Petroleum Institute (API), Japanese Automobile Standard Organization (JASO), Association des Constructeurs European d’Automobiles (ACEA). Tak hanya itu, beberapa pabrikan otomotif, seperti Volvo dan DaimlerChrysler juga telah memberkan sertifikat.

"Dari segmen industri, sertifikat diberikan Komatsu, Niigata, Caterpillar, Wartsila, dan masih banyak lagi," terang Redesmon.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi