AIDA Robot Pintar Teman Pengemudi di Perjalanan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 22:39 WIB
Aida

TEMPO Interaktif, Jakarta:Para peneliti Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, kini tengah berupaya untuk menciptakan robot pintar yang mereka beri nama Affective Intelligent Driving Agent (AIDA). Robot tersebut, dirancang untuk menemani pengemudi mobil di saat mereka berkendara.

robot AIDAAIDA yang terintegrasi dengan beberapa komponen dalam mobil dan juga GPS (Global Positioning System) akan membantu pengemudi.

Bukan hanya untuk teman ngobrol semata, tetapi AIDA juga bisa menjadi navigator sekaligus memberitahu bila bahan bakar mobil telah menipis.

Sehingga, pengemudi bisa melakukan efisiensi bahan bakar atau tahu kapan saat mengisi tanki bahan bakar.

Robot ini dibuat dalam ukuran kecil dan di pasang di dashboard mobil. AIDA juga dirancang untuk menampilkan isyarat-isyarat tertentu sehingga mampu berinteraksi dengan pengemudi. Misalnya, mampu menunjukkan ekspresi gembira dengan tersenyum, atau sebaliknya sedih. T

ak hanya itu, robot itu juga dirancang dalam sepekan mampu mempelajari kecenderungan rute yang ditempuh mobil. Walhasil, dia akan merekam dan menemukan lokasi rumah serta berbagai tempat yang kerap dikunjungi pengemudinya.

Bahkan, mampu memberi masukan ihwal lokasi toko yang bisa dikunjungi pengemudi. Lebih dari itu, saat jalanan macet, sang robot juga bisa memberi alternatif jalan yang harus ditempuh untuk menghindari macet.

"Dengan kata lain, robot ini menggabungkan pengetahuan tentang kota dengan pemahaman terhadap kebutuhan pengemudi. Disitulah AIDA dapat membuat kesimpulan penting,” tutur Assaf Biderman, Associate Director Laboratorium SenSeable City, seperti yang dikutip situs resmi MIT.

Disebutkan, robot AIDA ini tengah dikembangkan oleh Personal Robots Group dari MIT Media Lab, MIT SENSEable City Lab, dan Volkswagen Group of America Electronics Research Lab.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi