Honda All New City Sedan Kompak Terbaik 2009  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 7 November 2009 23:12 WIB
Peluncuran mobil All New Honda City di Hotel Grand Melia, Jakarta, Kamis, 27 November 2008. [TEMPO/ Wahyu Setiawan; WS2008112714]

TEMPO Interaktif, Jakarta:Sedan mini keluaran Honda, Honda All New City dinobatkan sebagai sedan mini terbaik (Best Compact Sedan) dalam ajang Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2009. Keunggulan utama sedan ini yang tidak dimiliki para pesaingnya, menurut juri, adalah fitur paddle shift dan posisi jok.

"Menurut para juri, All New City adalah sedan terbaik di kelasnya. Keunggulan small sedan ini, ada pada paddle shift yang mirip transmisi F1 yang berada di  balik kemudi. Selain itu posisi jok sedan ini dinilai paling nyaman dibanding kmpetitornya," tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, di Jakarta, Sabtu (07/11) malam.

Dengan fitur paddle shift itu, kata Jonfis, pengemudi dapat melakukan perpindahan gigi dengan menekan tombol pada roda kemudi. Walhasil, perpindahan gigi bisa dilakukan dengan cepat dan berlangsng secara halus tanpa hentakan.

honda citySementara, posisi jok yang ada di sedan ini dinilai sangat nyaman bagi pengemudi. Selain dirancang dengan memperhitungkan kebiasaan pengemudi di Indonesia dalam mengemudikan mobil juga memperhitungkan performa mesin, fitur pendukung, serta laju rata-rata yang optimal dan biasa dicapai pengemudi.

Dengan demikian, selain memberikan keamanan juga kenyamanan bagi pengemudi. "Posisi ini ternyata endapatkan nilai tertinggi," aku Jonfis.

Meskipun bentuknya kompak, All New Honda City termasuk salah satu mobil dengan tingkat keamanan tertinggi di kelas mini sedan. Maklum, sederet fitur disematkan pada sedan kecil ini, diantaranya Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Selain itu, terdapat Neck Shock Mitigation Seat, sabuk pengaman dengan pretensioner dan load limiter, dual SRS Airbags.

Sementara struktur bodi mengadposi teknologi G-CON dipadu Advanced Compactibility Engineering (ACE) yang telah diuji melalui uji tabrak di Real World Crash Test Facility Honda di Tochigi Jepang. Bahkan, seda bermesin 1.5 liter i-VTEC empat silnder itu telah memperoleh peringkat enam bintang dari Japan NewCar Assessment Program (JNAP).

Pengujian ICOTY 2009 dilaksanakan di Sentul City dan Sirkuit Sentul berlangsung pada 8 – 13 Oktober lalu. Selama 6 hari pengujian, seluruh finalis mengikuti pengujian yang meliputi city orientation, uji emisi, uji visibilitas, uji ruang kabin, uji iluminasi, uji audio, uji kesenyapan kabin, dan uji performa. Khusus city orientation, pengujian dilakukan oleh 7 juri independen yang profesional di bidangnya masing.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi