BMW Akan Produksi Motor Bermesin Enam Silinder
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 November 2009 14:10 WIB
Dok: World Car Fans

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW ), Rabu (11/11) mengumumkan konsep varian baru sepeda motor yang bakal diproduksinya. Kali ini BMW berencana menawarkan sepeda motor bermesin enam silinder.

BMW X6Siaran pers BMW seperti dikutip worldcarfans.com, menyebutkan BMW Motorrad, anak usaha BMW yang memproduksi sepeda motor, telah memutuskan untuk segera mewujudkan produksi motor dengan tenaga mesin enam silinder segaris tersebut.

”Motor ini bergaya Cafe Racer dengan nama Concept 6. Angka enam merupakan jumlah silinder,” tutur sumber BMW.

Daya mesin tersebut setara dengan mesin mobil 1.300 cc empat silinder segaris. Tetapi torsinya jauh lebih besar ketimbang mesin 1.300 cc, karena sebesar torsi mobil bermesin 1.600 cc. Torsi maksimum mencapai 130 Newton Meter pada 2.000rpm. Meski demikian, BMW mengklaim motor itu sanggup dipacu hingga torsinya lebih dari 9.000rpm.

Desainnya sengaja dibuat agar bagian depan lebih panjang dibanding buritan. Sedangkan kerangka motor ini dibuat dari paduan rangka alloy ringan duolever dengan paralever yang memanjang dari roda depan hingga belakang. Sementara speedometer menggunakan Light Emitting Diode (LED).

Namun, anak usaha BMW yang memproduksi sepeda motor itu belum menyebut kapan varian baru itu akan diproduksi secara massal. Begitu pula dengan harga yang akan dipatok untuk produk tersebut.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi