Nissan Leaf Dinobatkan Sebagai Hasil Penemuan Terbaik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 November 2009 15:43 WIB
AP Photo/Itsuo Inouye

TEMPO Interaktif, Jakarta - Majalah Time menobatkan mobil listrik yang diproduksi pabrikan asal Jepang Nissan Motor Corporation Ltd (NMC), Nissan Leaf,  sebagai Penemuan Terbaik 2009.

"Nissan Leaf merupakan solusi terbaik bagi masa depan di mana sektor transportasi tidak lagi tergantung  pada bahan bakar minyak,” tulis Time seperti dikutip autoexpress, Senin (16/11).

Mobil yang diperkenalkan ke publik pada Juli lalu itu juga dinilai memiliki performa yang tak kalah dengan mobil bertenaga mesin dengan bahan bakar minyak. Meski mobil listrik, Nissan Leaf mampu melesat lebih dari 145 kilometer per jam. Sedangkan baterainya (220 volt) mampu bertahan hingga jarak 160 kilometer.

Carlos Ghosn, Kepala Eksekutif NMC, seperti dikutip Reuters, menegaskan perusahaannya akan membanderol mobil yang diklaim ramah lingkungan itu dengan harga yang terjangkau konsumen.

"(Memang)  terlalu dini untuk menyebut  harga kendaraan, tapi kami pasti membuat kejutan. Karena harga  (harga) menjadi kunci bagi pasar," tandas Ghosn tanpa memerinci kisaran harga itu.

Soal pengembangan pengembangan infrastruktur pengisian energi listrik baterai, Ghosn mengaku telah menggandeng 30 perusahaan lokal dimana mobil tersebut dipasarkan.

Di Amerika misalnya, perusahaan ini menggandeng Houston Reliant untuk pengembangan stasiun pengisian baterai. Begitu pula di Jepang, Eropa serta beberapa negara yang menjadi tujuan pemasaran mobil tersebut..

Nissan akan memproduksi Nissan Leaf 50 ribu unit per tahun di pabrik Nissan di kota Oppama – sebuah kota di Barat Daya Tokyo, mulai musim gugur 2010 mendatang.

Namun, bagi peminat mobil listrik di Indonesia harus bersabar dulu. Pasalnya Nissan Motor Indonesia masih belum berniat memasarkan mobil itu di tanah air. Alasannya masih terkendala infrastruktur stasiun pengisian baterai. “Faktor infrastruktur belum memungkinkan. Tapi nanti kalau sudah siap pasti (dipasarkan),” ujar sumber di Nissan Motor.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi