Ford, Subaru, dan VW Dinobatkan Produsen dengan Produk Teraman  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 20 November 2009 13:13 WIB
Dok: Edmunds

TEMPO Interaktif, Los Angeles - Institut Asuransi untuk Keselamatan Jalan (Insurance Institute for Highway Safety /IIHS), Rabu (18/11) menobatkan mobil keluaran Ford, Subaru, serta Volkswagen (VW) sebagai mobil paling aman. Lembaga ini telah melakukan pengujian terhadap 19 model mobil.

Subaru Komponen yang diuji mulai dari samping, depan, belakang serta atas atau bagian atap. Semuanya harus aman bagi penumpang saat terjadi tabrakan atau kecelakaan tunggal seperti terguling.

Semua mobil yang masuk nominasi harus dilengkapi dengan electronic stability control (ESC). Sehingga, pemilihan pada tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya.

Ford Motor Co dan perusahaan di bawah payung Ford yaitu Volvo meraih enam penghargaan. Varian mobil penumpang yaitu Ford Taurus dan Lincoln MKS serta Volvo S80 dan C30 menempati peringkat tertinggi. Begitu juga dengan varian Sport Utility Vehicle keluaran Volvo yaitu XC60 and XC90.

Sementara Subaru meraih lima penghargaan untuk mobil Subaru Legacy, Outback, Impreza, Tribeca, serta Forester. “Subaru menjadi satu-satunya merek mobil yang meraih penghargaan di empat kategori berbeda, antara lain pada sport, sedan, dan jip,” ujar sumber di IIHS seperti dikutip autonews.

Sedangkan VW AG meraih lima penghargaan. Di urutan berikutnya terdapat Chrysler Group LLC yang menerima empat penghargaan, disusul Honda Motor Co dan General Motors Co dengan dua penghargaan.

Chrysler Sebring, sedan Dodge Avenger, SUV Dodge Journey, jip Patriot merupakan produk pabrikan ini yang mendapat peringkat tinggi dalam hal keamanan. Produk Honda yang dinyatakan paling aman adalah Honda Civic dan Honda Element. Dari produk General Motors, nama Buick LaCrosse dan Chevrolet Malibu muncul sebagai mobil teraman.

Produk lain yang mendapatkan satu penghargaan tingkat keamanan tertinggi di ajang uji IIHS 2009 ini adalah Nissan Cube, Kia Soul, dan Mercedes Benz C Class. General Motors Co dan Honda Motor Co masing-masing meraih dua panghargaan. Di antara mobil produksi yang paling aman adalah Buick LaCrosse dan Chevrolet Malibu.

Mobil lainnya yang memenangkan penghargaan IIHS adalah Nissan Cube, Kia Soul, dan Mercedes Benz C Class. Sementara Toyota Motor Corp, BMW AG, Mazda Motor Corp, dan Mitsubishi Motors Corp tak mendapatkan satu pun penghargaan.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi