Mbrace Remote Pintar dari Mercedes  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 27 November 2009 13:23 WIB
.

TEMPO Interaktif, Washington:Setelah memproduksi piranti pengendali jarak jauh (remote control) pintar TeleAid, kini Mercedes Benz Amerika Serikat bersama Hughes Telematics Incorporation meluncurkan generasi terbaru piranti tersebut yang diberi nama Mbrace.

MbraceBisa dibilang, Mbrace merupakan penyempurnaan dari TeleAid yang digunakan Mercedes sejak 10 tahun lalu.

Mercedes mengklaim remote ini memiliki 18 fungsi, lima diantaranya adalah fungsi premium dan bersifat opsional.

"Kami ingin menawarkan generasi terbaru yang memiliki fitur terkini guna memenuhi kebutuhan pelanggan," tutur Sascha Simon, Direktur Perencanaan Produk Mercedes Benz Amerika Serikat seperti dikutip autotech, Kamis (26/11)

Sascha menyebut Mbrace merupakan program yang bisa diaplikasi di Blackberry atau iPhone, sehingga pemilik mobil tak perlu khawatir bila remote tertinggal atau hilang. Pasalnya, dengan mengakses program dari Mbrace yang ada di Blackberry atau iPhone, mereka masih tetap bisa membuka atau mengunci mobil atau menemukan tempat dimana mobil diparkir atau bahkan hilang dicuri.

Namun fungsi Mbrace tak sekadar membuka, menutup, dan mengunci dari jarak jauh atau menemukan posisi mobil saja. Pasalnya alat ini juga bisa menjadi alat navigator yang memandu pengemudi untuk menemukan rute jalan yang aman dan nyaman ke tempat yang akan dituju.

Mbrace juga menjadi bisa menginformasikan kepada pengemudi tentang kondisi mobil. Misalnya, bahan bakar menipis, ada gangguan pada mesin hingga kondisi jalanan yang dilalui.

Sedangkan fungsi premium yang bersifat opsional, antara lain menunjukkan cuaca di suatu lokasi, kondisi lalu lintas di lokasi yang akan dituju, bahkan dengan bekerjasama dengan vendor tertentu alat ini bisa mengunduh informasi ihwal tempat-tempat menarik seperti tempat wisata, restoran, dan sebagainya.

Bahkan piranti itu bisa menginformasikan bengkel dan dealer Mercedes terdekat, lokasi hotel berikut tingkat hunian, tarif kamar, hingga beragam jasa layanan yang diberikan. Namun, ini bersifat opsional karena harus bekerjasama dengan vendor tertentu.

"Dengan alat ini kami ingin memperkenalkan sebuah layanan gaya hidup yang inovatif dan bersifat personal bagi para pemilik mobil. Dengan peralatan ini komunikasi dengan orang lain maupun tempat-tempat tertentu tetap terjaga, pasalnya desain yang diberikan Huhges Telematic memungkinkan kami untuk memberi layanan itu," papar Sascha.

Menurut sumber Mercedes, sederet fungsi Mbrace itu nantinya akan diaplikasikan di mobil Mercedes generasi terbaru. Namun bagi pemiliki Mercedes keluaran tahun sebelumnya bisa mendapatkan piranti ini, namun harus merogoh kocek US$ 280 atau sekitar Rp 2,7 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi