Volkswagen Polo Mobil Terbaik Eropa 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Desember 2009 13:12 WIB
Dok: The Light is Green

TEMPO Interaktif, Jakarta - Volkswagen (VW) Polo dinobatkan sebagai Mobil Eropa Terbaik (European Car of The Year ) 2010. Mobil produksi pabrikan asal Jerman itu mengantongi nilai tertinggi untuk aspek keselamatan yaitu lima bintang.

“Polo memiliki fitur keselamatan yang komplit dan mesin yang modern," tutur Hakan Matson, Ketua Dewan Juri, seperti dikutip autoworld, Selasa (01/12).

Varian hatchback itu dibayang-bayangi mobil produksi Toyota, yaitu Toyota iQ yang berada di urutan kedua. Seperti dikutip worldcarfans, dewan juri yang terdiri dari 59 orang wartawan senior dan reporter dan editor majalah otomotif di Eropa itu memberi nilai 25, sedangkan Toyota iQ 20.

Di belakang kedua mobil tersebut, terdapat Opel Astra, Skoda Yeti, Mercedes E-Class, Peugeot 3008 serta Citroen C3 Picasso. Sejak diluncurkan pada 1975, Polo sudah diproduksi hingga generasi kelima.

Beragam pilihan mesin ditawarkan VW, mulai dari mesin bensin hingga diesel. Mesin bensin terbaru berkapasitas 1.200 cc dan 1.400 cc twin stratified injection (TSI) turbocharger,1.400 cc.

Selain itu terdapat pula mesin diesel 1.600cc Turbo Diesel Intercooler (TDI) common-rai Blue Motion dengan daya 90 daya kuda. Semua mesin bertransmisi manual dengan lima dan enam tingkat percepatan.

Sistem susupensi VW ini pada bagian depan menggunakan suspensi MacPherson strut type. Sedangkan di bagian belakang menggunakan suspensi semi-independen.

Untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, ban depan hatchback ini dibuat lebih maju lima milimeter sehingga tetap stabil kala pengemudi secara cepat berpindah jalur yang dilintasi.

Selain itu, Polo dilengkapi fitur Electronic Stabilization Program (ESP). Fitur lainnya Hill Hold Control dan penggantian booster rem berukuran 8,5 inci menjadi 10 inci, sehingga pengereman benar-benar pakem dan aman.

Sedangkan Toyota iQ adalah varian city car produksi Toyota Motor Corpoaration. Mobil yang mulai dipasarkan di Jepang pada November 2008 lalu itu, didesain di Pusat Desain Toyota yang berbasis di Perancis Selatan.

Toyota iQ memiliki panjang 2.985 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, serta tinggi 1.500 mm. Di Eropa mobil ini ditawarkan dalam tiga tipe yaitu tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 dan 1.300 cc, serta tipe mesin diesel dengan kapasitas 1.400 cc.

Sementara di Jepang, ditawarkan tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 cc VVT-i tiga silinder. Dengan kapasitas sebesar itu, mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 4.800 rpm dengan torsi 9,3 kgm atau 90 Nm pada 4.800 rpm.

Di Eropa, Toyota iQ juga telah dinyatakan lolos dalam uji keselamatan standar benua tersebut. Bahkan, mobil ini meraih peringkat bintang lima di uji European New Car Assessment Programmed (Euro NCAP) tersebut. Di benua Eropa, mobil itu dibanderol sekitar Rp 350 juta

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi