Honda Jazz Mobil Paling Aman 2009 di Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 Desember 2009 18:05 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:Honda Jazz (Honda Fit di Amerika Serikat) meraih penghargaan Top Safety Pick atau kendaraan paling aman 2009 dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), sebagai mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di kelasnya.

Honda JazzMobil  ini juga menjadi satu-satunya mobil mini dan yang pertama kali meraih sertifikasi dari IIHS tersebut. Penghargaan atas tingkat keamanan varian hatchback Honda itu bukanlah  yang pertama kalinya. 

Sebelumnya, mobil ini juga diakui sebagai salah satu mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di Eropa berdasarkan hasil test uji tabrakan dari European New Car Assessment Program (Euro NCAP).

"Dalam uji coba tersebut All New Jazz menjadi yang terbaik di kelas supermini car dengan meraih rating maksimal, yaitu lima bintang," tulis PT Honda Prospect Motor, Agen Tunggal Pemegang Merek Honda di Indonesia, dalam siaran persnya, Kamis (03/12).

Untuk meraih sertifikasi Top Safety Pick dari IIHS, setiap kendaraan yang dipasarkan di Amerika Serikat harus melalui uji tabrak dengan standar yang sangat ketat.  Uji ini menggunakan beberapa model kendaraan yang berbeda ukuran dan berat serta dari berbagai sisi tabrakan untuk mengembangkan solusi yang dapat meringankan cedera pada penumpang dan juga pejalan kaki.

Uji tabrak yang dilakukan meliputi tabrak depan, offset, samping, belakang, atap, hingga evaluasi bumper. Selain itu, semua mobil yang masuk nominasi harus dilengkapi dengan teknologi electronic stability control (ESC) yang menjadikan pemilihan pada tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya.

PT HPM menyebut, Honda Jazz dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi yang menjadi standar untuk model ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Diantara sistem keselamatan itu adalah, teknologi G-CON (G-Force Control) dan ACE (Advanced Compatibility Engineering) pada rangka kendaraan.

Selain itu, mobil ini juga diibekali SRS Airbag, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), dan BA (Braking Assist), hingga pedestrian protection body structure yang meminimalkan cedera jika terjadi tabrakan dengan pejalan kaki.

ARIF ARIANTO #Info Otomotif


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi