Sedan Geely Diluncurkan di Indonesia 16 Desember  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Desember 2009 20:15 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Geely Motor Indonesia, Agen Tunggal Pemegang Merek Geely di Indonesia, akan meluncurkan varian sedan Geely pada 16 Desember mendatang. Sedan produksi pabrikan asal Cina itu dibanderol pada kisaran Rp 100 juta.

Sedan ini sejatinya pernah diperkenalkan di Indonesia pada 2007. Awal Oktober lalu, komponen untuk 240 unit mobil Geely yang akan dirakit di Indonesia tertahan di Bea Cukai Tanjung Priok karena persoalan administrasi yang terlambat. Walhasil rencana pemasaran pun tertunda.

“Kini kami pastikan 16 Desember sudah kami luncurkan. Harga masih pada kisaran Rp 100 juta,” tutur Budi Pramono, Presiden Direktur PT GMI kepada Tempo di Jakarta, Jumat (4/12).

Budi menyebut pesanan sedan ini sudah banyak. “Jadi kasihan dealer kalau tidak jadi diluncurkan tahun ini. Geely akan dipasarkan di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Namun untuk tahap awal, baru akan dijual di Pulau Jawa dan Bali,” kata Budi.

Sementara soal fitur, Budi mengklaim selain piranti airbag, seat belt, antilocking brake system (ABS), serta sistem suspensi yang nyaman. Sedan ini dibekali mesin 1500 cc empat silinder segaris, 16-katup, DOHC, MPI. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 94 daya kuda pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimum sebesar 128 Nm pada 3.400 rpm.

Mobil berdimensi panjang 4,152 meter (m), lebar 1,680m, dan tinggi 1,440 juga diklaim memiliki fitur keselamatan dan kenyaman."Yang pasti soal fitur keselamatan itu paling ensensial dan paling utama pada produk ini. Begitu pun soal kenyamanan. Setidaknya ini sudah diakui oleh konsumen Geely di 30 negara," terang dia.

Budi menyebut, produk Geely sejak pertama kali diproduksi pada 2007 hingga kini, telah dipasarkan di 30 negara antara lain di Ukraina, Rusia, Afrika Selatan, Timur Tengah, Amerika Selatan, Brunei Darussalam, Singapura.

Di Cina sendiri, Geely telah masuk peringkat 10 besar di antara produsen mobil terbesar di Negeri Tirai Bambu tersebut. Berbekal kualitas yang tak kalah dengan produk pabrikan lain serta nama besar yang mereka sandang, Budi optimitis sedan Geely bakal diterima pasar di tanah air.

Dia pun mengaku tak ingin mengobral janji ihwal kualitas dan keunggulan produk tersebut, tetapi akan memberikan bukti. “Kami menyadari sebagai brand baru di pasar, tentu orang akan apriori. Tapi itu tantangan, bahwa kami harus buktikan bahwa kualitas produk kami tidak kalah dan layanan kami bagus,” terang Budi.

Soal layanan itu, Budi memberi contoh layanan purna jual yang lain dari yang lainnya. PT GMI melalui dealernya akan memberikan garansi selama lima tahun atau 130 kilometer kepada konsumen. "Kalau pabrikan lainnya kan rata-rata tiga tahun. Kami berani lima tahun," tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi