Masih Mahal, Astra Daihatsu Belum Berniat Pasarkan Luminas  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 14 Desember 2009 20:28 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta: Kendati tak sedikit orang yang menantikan kedatangan Multi Purpose Vehicle (MPV) keluaran Daihatsu, yaitu Daihatsu Luminos, namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih enggan memboyong mobil itu ke tanah air. Bukan karena khawatir mobil itu bakal memangsa pasar varian lain yang dipasarkan Daihatsu, namun harga mobil itu dirasa masih kemahalan.

Luminas“Harganya kalau dihitung-hitung masih Rp 175 – Rp 200 juta, itu pun masih harga off the road. Sedangkan Terios yang sam-sama 1.500 cc harganya di kisara Rp 140 juta. Jadi belum feasible untuk dipasarkan disini,” tutur Elvina Afny, Kepala Divisi Pemasaran Domestik PT ADM, saat dihubungi di Jakarta Senin (14/12).

Sementara, untuk melakukan penurunan spesfikasi teknis tidak mungkin dilakukan. “Untuk melakukan spec down masih belum memungkinan. Nanti kalau misalnya bisa ya tidak menutup kemungkinan,” tandasnya.

 

Lantaran itulah, PT ADM belum berniat memasarkan MPV tersebut di tanah air. Mobil sebaguna yang di Malaysia bernama Perodua Alza itu mulai dipasarkan di negara itu sejak akhir November lalu.

 

interiorMobil yang pernah diboyong ke ajang Indonesia International Motor Show 2009 pada Juli – Agustus lalu itu, dibekali mesin 1.500 cc 3SV-VE yang mampu menyemburkan tenaga hingga 103 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 136 Newton Meter (Nm) pada 4.400 rpm.

Daihatsu Luminas ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu tipe standar bertransmisi manual dan otomatis dan tipe premium dengan sistem transmisi manual dan otomatis. MPV yang memiliki panjang 2,55 meter (m), lebar 1,415 m dan tinggi 1,310 m itu di Malaysia dibanderol 55.490 ringgit atau sekitar Rp 166,4 juta dan  64.190 ringgit atau sekitar Rp 192 juta..

Namun, Elvina mengelak bila Luminas akan menggerus pangsa pasar Xenia atau Terios bila dipasarkan di Indonesia. “Tidak, karena segmen pasarnya lain. Sehingga tidak akan terjadi Luminas kanibal (menggerus pasar) varian lain . Ini karena murni hitung-hitungan harga saja, karena kami ingin memberi yang terbaik (ke konsumen,” papar dia.

Ihwal respon pasar, Elvina mengaku sejak diperkenalkan di ajang IIMS, tidak sedikit yang menanyakan kapan MPV tersebut dipasarkan. “Kalau demand sebenarnya ada,” akunya tanpa memerinci besaran permintaan itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi