MINI Edisi Khusus Diluncurkan di Malaysia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Desember 2009 23:07 WIB
Dok: www.ausmotive.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Bayerische Motoren Werke (BMW) Group Malaysia baru-baru ini telah meluncurkan mobil mungil asal Inggris MINI Cooper edisi khusus, yaitu MINI Mayfair 50, MINI Camden 50, dan MINI Earl Grey 50. Seperti diketahui, MINI merupakan salah satu perusahaan otomotif Inggris yang kini berada dibawah payung BMW.

MINI CooperModel edisi khusus itu merupakan salah satu karya monumental dalam rangka perayaan ulang tahun ke 50 merek MINI. Dan sesuai namanya yaitu edisi terbatas, desain dan fitur ketiganya dibuat ekslusif.

Geoffrey Briscoe Managing Director BMW Malaysia dalam siaran pers BMW seperti dikutip autoworld.com, Selasa (22/12) mengatakan “MINI baru itu merupakan sebuah evolusi menuju ke penyempurnaan (model) klasik moderen. Ketiganya menonjolkan unsur ekslusifitas,”.

Ketiga model edisi lima puluh tahun itu ditawarkan dalam dua tipe mesin bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 1.600 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 120 daya kuda, dan varian berkekuatan 175 hp. Perbedaan dengan versi standaranya yaitu MINI Cooper Convertible S, MINI edisi terbatas itu dilengkapi twin scroll turbo sehingga jauh lebih bertenaga.

Tipe kedua bermesin diesel yang mengadapsi mesin model MINI Cooper D. Tipe ini diklaim lebih irit bahan bakar ketimbang varian bensin. Satu liter solar mampu digunakan untuk menempuh jarak 25 kilometer. Mesin 1.600 cc diesel itu disebut-sebut mampu menghasilkan tenaga hingga 110 daya kuda.

Perbedaan lain dengan versi standar adalah, trim krom di gril dan plakat bertuliskan angka 50 di bodi sebagai penanda ulang tahun ke 50 mobil asal Inggris tersebut. Velg menggunakan bahan alloy 17 inci denga ban yang bertapak lebar. Di bagian interior aura aristokrat begitu kental berkat sentuhan warna sedikit gelap dengan trim berwarna piano black dan toffy brown.

Masih di bagian interior, terdapat sederet fitur canggih. Diantaranya, sound system Harman Cardon berikut amplifier digital, port USB, serta jack iPod. Di negeri asalnya, Inggris,  mobil ini telah diluncurkan pada September lalu.

Di negeri jiran, Malaysia MINI Mayfair dibanderol RM259, 888 atau sekitar Rp 754 juta, dan MINI 50 Camden dibanderol RM245 888 atau sekitar Rp 713 juta. Namun harga itu masih harga off the road di negara itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi