Yamaha YZF-R1 1000 cc Terbaru Diluncurkan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 7 Januari 2010 17:46 WIB
.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Setelah empat tahun tak melakukan perubahan signifikan, Yamaha Motor akhirnya meluncurkan varian sport YZF-R1 generasi terbaru di arena New Delhi Auto Show 5 – 11 Januari. Varian ini sejatinya pernah diluncurkan di India dengan nama MT-01 pada 2007. Polesan terakhir terhadap model YZF-R1 ini dilakukan oleh Yamaha pada 2009.

“Masih mmenggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya (versi 2009) ,” tutur Pankaj Dubey, National Business Head Yamaha Motor India, seperti dikutip Indiaon2wheels.

Mesin yang dipakai tetap 998 cc, dengan pendingin mesin liquid cooled, 4 stroke DOHC 16 katup. Bore x Stroke 70.8 mm x 52.2 mm. Rasio kompresinya 12.7 : 1. Sementara, pengiriman bahan bakarnya menggunakan sistem injeksi dengan teknologi YCC-T dan YCC-I. YCC-T atau Yamaha Chip Controlled Throttle adalah kontrol gas fly-by-wire. Teknologi ini sudah diperkenalkan Yamaha sejak 2007.

Sedangkan YCC-I atau Yamaha Chip Controlled Intake adalah sebuah sistem yang mampu mengatur kerja katup tak ubahnya VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent) di mobil. Dengan sistem itu, selain torsi mesin lebih optimal dalam setiap kecepatan dan kondisi di saat motor digeber, konsumsi bahan bakar pun lebih irit.

Sistem pengapian menggunakan Trasistor Controlled Ignition yaitu sistem pengapian yang yang menggunakan transistor untuk menggantikan kontak pemutus sehingga waktu pengapian lebih presisi. Untuk urusan penerus daya, YZF R-1 ini menggunakan multiplate slipper clutch untuk melayani transmisi enam tingkat percepatan bawaan versi lamanya.

Motor dengan ban berukuran 120/70ZR17 (depan) dan 190/55ZR17 (belakang) itu, menggunakan rem cakram 310 mm 6 piston (depan) dan 220 mm piston tunggal kaliper (belakang). Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 19 liter.

Ihwal harga, Yamaha India menyebut generasi YZF R-1teranyar itu dibanderol Rs 12.5 lakh atau sekitar Rp 201 juta. Meski berharga mahal, Yamaha optimitis produknya ini akan mendapat sambutan positif di negeri itu.

"Meski pasar motor India masih terbatas, namun konsumen akan menyambut positif produk yang kami luncurkan. Lebih dari itu YZF-R1 2010 ini merupakan model terbaik kami yang akan kami transformasikan di India,” papar Chief Executive Officer Yamaha Motor India seperti dikutip The Economic Times.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi