Yamaha Luncurkan Byson Antara Mei dan Juni  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Februari 2010 20:27 WIB
Dok: Yamaha

TEMPO Interaktif, Jakarta: Setelah membuat penasaran kalangan pecinta motor di tanah air, akhirnya Yamaha memberikan kepastian ihwal peluncuran varian sportnya Yamaha Byson. Motor ini dijadwalkan meluncur di pasar pada akhir semester pertama tahun ini.

Yamaha BysonDirencanakan antara Mei dan Juni tahun ini. Kami mencari waktu tepatnya,” tutur Yoshiteru Takahashi, Chairman dan Presiden Komisaris PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI), di Jakarta, Senin (22/2)

Dapur pacu Byson tersebut disebut-sebut sama dengan saudaranya, Yamaha V-ixion. Yaitu 153 cc. “Tetapi tampilannya lebih gagah,” aku salah seorang sumber di YMKI.

Yamaha Byson juga disebut versi murah dari V-ixion, karena meski mengusung platform yang sama. Tetapi sistem pengabutan Byson menggunakan karburator sedangkan V-ixion menggunakan injeksi langsung. Namun kapasitas karburator Byson 153 cc atau lebih besar ketimbang V-ixion yang hanya memiliki kapasitas mesin 149,8 cc.

Sebelumnya, Dyonisius Betti Presiden Direktur PT YMKI menyebut tahun ini pihaknya akan meluncurkan enam model baru. Peluncuran model tersebut, selain sebagai upaya penyegaran guna menjaga citra merek Yamaha juga untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen loyal motor berlambang garpu tala itu.

Namun apa modelnya itu, kapan waktunya kami tidak bisa memastikan. Tetapi bagi kami model baru tersebut akan memberikan nilai baru bagi konsumen. Sebab loyalitas pelanggan bagi kami merupakan hal yang utama dibanding harus menjadi nomor satu,” papar Dyonisius.

Ia juga mengatakan kehadiran model baru dan inovasi teknologi tersebut juga dibarengi dengan peningkatan kemampuan sumberdaya manusia Yamaha agar mampu memberikan layanan yang terbaik.

“Saat ini sudah ada 70 engineer lokal ( Indonesia ) yang bergabung di Ressearch and Development Yamaha di Thailand. Mereka belajar disana, dengan ilmu yang mereka timba diharapkan pelayanan di Indonesia yang juga merupakan pasar terbesar Yamaha juga semakin meningkat,” papar Dyonisius.

Selain akan meluncurkan Byson, PT YMKI juga akan meluncurkan varian bebek Lexam yang bermesin 115 cc. “Untuk varian ini kemungkinan akhir tahun antara Oktober dan November. Kami melihat pasar bebek di Indonesia masih cukup besar porsinya. Sehingga juga ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen itu,” kata Takasashi.

Namun sayang, mantan Presiden Direktur YMKI ini tidak sedikitpun memberikan keterangan ihwal harga kedua model yang akan diluncurkan itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi