Innova Berbahan Kenaf Tampil di Eco Product International Fair 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 5 Maret 2010 17:40 WIB
Seorang peserta Kontes Toyota Eco Youth menjelaskan produk penghijauan dari sekolahnya kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. (Dok. Toyota Astra Motor)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Toyota Indonesia ikut serta dalam pameran lingkungan hidup Eco Products International Fair 2010 di Jakarta Convention Center tanggal 4-7 Maret 2010. Salah satu produk yang ditampilkan adalah Kijang Innova yang menggunakan suku cadang ramah lingkungan berbahan serat tumbuhan kenaf lengkap.

Pada pameran bertaraf Asia ini, Toyota menampilkan dua booth yang pada hari pembukaan sempat dikunjungi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar didampingi Benny Redjo Setyono Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) bersama dengan Toshihiro Yokoi Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Selain Innova, Toyota juga menampilkan alat dan program para pemenang kontes Toyota Eco Youth (TEY). TEY yang tahun ini telah memasuki tahun kelima memfokuskan pada kontes Sustainability atau kontes keberlanjutan yang dikuti 22 sekolah menengah atas di 18 kota seluruh Indonesia.

TEY-5 kali ini memasukkan unsur pendekatan sains dan teknologi sebagai tambahan penilaian. Unsur ini mewajibkan para peserta untuk dapat menerapkan teknologi tepat-guna ramah lingkungan (green sound technology) yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan di sekitar sekolah.

"Isu pemanasan global telah menjadi telah menjadi perhatian Toyota selama ini. Kami tergerak untuk turut ambil bagian dalam upaya mencegah pemanasan global melalui program kontes peningkatan kesadaran lingkungan melalui generasi muda sebagai agen lingkungan hidup," kata Benny Redjo Setyono didampingi oleh Toshihiro Yokoi.

TEY diselenggarakan berkerja sama dengan Yayasan Kirai Indonesia yang menangani bidang lingkungan hidup serta Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menangani bidang teknologi berbasis lingkungan. Kontes yang memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 200 juta ini telah melalui tahap pengumpulan data, mentoring dan juga penjurian.

Pameran dan pengumuman pemenang diadakan bersamaan dengan Eco Products International Fair 2010 tanggal 4 sampai dengan 7 Maret 2010 bertempat di Jakarta Convention Center.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi