Permintaan Meningkat Honda Genjot Produksi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Maret 2010 16:21 WIB
New Honda CR-V (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (PT HPM) tahun ini terus berusaha memaksimalkan kapasitas produksi pabrik mengingat meningkatnya permintaan pasar terhadap model yang dipasarkannya. Salah satu caranya, selain menambah shift kerja juga menambah hari lembur karyawan.

"Selama ini kami telah menjalankan dua shift kerja, dan secara bertahap dari empat hari Sabtu setiap bulannya dua hari diantaranya juga kami gunakan untuk kerja agar kapasitas produksi bisa meningkat pada bulan ini," tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM kepada Tempo, Senin (15/3) malam.

Dia berharap target produksi 5.000 unit saban bulannya bisa tercapai pada tahun ini. Kapasitas optimal pabrik Honda saat ini mencapai 50 ribu unit per tahun. "Mudah-mudahan dengan sedikit investasi dan modifikasi target 60 ribu unit bisa tercapai," aku Jonfis tanpa bersedia menyebut besaran investasi itu.

Sebelumnya, Jonfis mengatakan total target penjualan Honda pada 2010 ini ditetapkan sekitar 47 ribu unit. Dia mengaku optimistis, target itu bisa terwujud mengingat tren penjualan Honda dalam dua bulan pertama 2010 ini terus bertumbuh positif.

Selain itu, kondisi perekonomian nasional yang diperkirakan tumbuh 5,5 persen akan memberikan kondisi yang kondisi bagi penjualan mobil nasional. Sedangkan sepanjang Februari lalu, Honda membukukan penjualan 4.431 unit di Februari, atau meningkat 1.276 unit dibanding Januari yang sebesar 3.755 unit. Sehingga, total penjualan Honda selama dua bulan itu mencapai 8.186 unit atau 7,5 persen dari pangsa pasar.

"Karena itu, mau enggak mau kami harus terus meningkatkan jumlah produksi, tentunya agar permintaan pasar yang begitu tinggi ini bisa kita penuhi secepatnya. Semua model yang kami pasarkan dalam dua bulan kemarin semua mengalami peningkatan permintaan," sebutnya.

Sementara itu, data PT HPM menyebut, penjualan terbesar merek ini dibukukan oleh varian Sport Utility Vehicle (SUV) Honda CR-V. Model facelift ini terjual 1.472 unit atau 22 persen pangsa pasar SUV.

Honda Freed dengan penjualan 1.007 unit berada di urutan kedua. Freed menggenggam 13 persen pangsa pasar di kelas MPV. Sedangkan Honda Jazz, mencatatkan penjualan 1.373 unit selama bulan itu atau 44 persen dari pangsa pasar segmen hatchback.

Di segmen sedan All New Honda City membukukan penjualan 301 unit, New Honda Civic 194 unit, dan Honda Accord 84 unit pada bulan Februari. Total penjualan segmen ini hingga Februari mencapai 1.027 unit atau 23,6 persen dari pangsa pasar.

Tahun lalu, realisasi penjualan Honda mencapai 40 ribu unit. Sekadar catatan, kapasitas produksi pabrik Honda saat itu hanya 33 ribu unit, sehingga 7 ribu unit mobil untuk memenuhi permintaan konsumen harus diimpor.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi