Zenvo ST1, Supercar Denmark Berbanderol Rp 10,5 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Maret 2010 20:39 WIB
Zenvo ST 1. Dok: Zenvo Automotive

TEMPO Interaktif, Kopenhagen:Produsen supercar asal Denmark, Zenvo Automotive baru-baru ini meluncurkan rekamanan video tentang model teranyar yang diproduksinya. Sebelumnya, mobil yang diberi nama ST1 Zenvo itu telah diboyong ke perhelatan Dubai Motor Show, Desember 2009 lalu. Kini, mobil sport anyar itu telah dipajang di Bella Center, Kopenhagen.

Satu hal yang menarik dari mobil 7.000 cc bertenaga 1.104 daya kuda itu adalah akselerasi kecepatan dari posisi diam (0 kilometer per jam) ke kecepatan 100 km per dicapai hanya dalam tempo 3 detik. "Mobil ini dibekali mesin 7.000 cc V8 supercharger, dengan tenaga 1.104 daya kuda pada 6.900 rpm dan torsi maksimum 1.430 Newton meter pada 4.500 rpm," tutur sumber di Zenvo seperti dikutip autoevolution, Sabtu (20/3).

Selain dibekali tenaga yang dahsyat, mobil ini juga dilengkapi sederet fitur canggih. Sebut sebagai contoh, dua pengontrol iklim yang bekerja secara otomotis, piranti sistem informasi terpadu bagi pengemudi, airbag bagi pengemudi dan penumpang, cruise control, power window, pengatur gaya mengemudi (ada tiga pilihan mode mengemudi), serta layar penunjuk kondisi belakang belakang mobil saat mobil mundur. Kesemua perangkat itu menjadi fitur standar Zenvo ST1.

Jesper Jensen dan Troels Vollertsen, pendiri Zenvo Automotive menegaskan, mobil eklusif dalam jumlah terbatas akan memiliki potensi yang tinggi untuk menarik minat konsumen. Lantaran itulah, keduanya minta agar mobil yang mampu melesat hingga 375 km per jam itu diproduksi tak lebih dari 15 unit.

Eklusivitas memang sangat dijunjung tinggi oleh Zenvo. Sebab itu pula, pabrikan ini mempercayakan konsep rancang bangun ST1 kepada Christian Brandt and Jesper Hermann, konsultan desain dari Hermann&Brandt.

Bahkan nama Zenvo ST sendiri merupakan ungkapan dari citra ekslusif itu, sebab 'S' berarti Supercharger, 'T'  kependekan dari Turbo, sedangkan '1' ungkapan dari model nomor satu. Namun sayang, belum ada penjelasan rinci kapan mobil ini mulai dipasarkan. Begitu pun dengan wilayah pemasarannya.

Zenvo hanya menyebut mobil itu dibanderol sekitar 850 Euro atau sekitar Rp 10,5 miliar.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi