Roewe 350, Mobil Pertama Dengan Google Android
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Maret 2010 18:56 WIB
Roewe 350
TEMPO Interaktif, Beijing - Pabrikan otomotif asal Cina, Shanghai Automotive Industry Corp (SAIC) kini tengah bersiap meluncurkan sedan Roewe 350 yang dilengkapi sistem operasi mobile Android versi 2.1 dari Google. Mobil yang pertama di dunia yang dilengkapi Android itu akan diluncurkan di gelaran Beijing Auto Show 23 April mendatang.

Menurut SAIC, Google Android versi 2.1 itu akan ditanamkan ke dalam sistem komputer piranti Global Positioning System (GPS) Roewe 350. Android versi itu, juga digunakan Google pada telepon seluler Nexus One dan Motorola Droid

Sehingga, pengemudi atau penumpang mobil selain dapat mengetahui arah atau kondisi jalan yang akan dilalui, juga bisa berselancar di internet atau ber-chatting ria. Menariknya lagi, harga Roewe 305 berandroid itu ternyata cukup miring. SAIC membanderolnya US$ 10.250 - US$ 19.000 atau sekitar Rp 94,3 – Rp 174,8 juta.

Roewe 305 merupakan model andalan SAIC. Terbukti, mobil yang dari pabrikan mobil asal Inggris, MG Rover itu, kini juga akan diproduksi di Inggris. “Kami akan memproduksi hatchback Roewe 350 di Inggris. Saat ini kami tengah mempersiapkan pabrik dan tim penelitian dan pengembangan di Longbride, Inggris,” ujar Chen Zhixing, Executive Vice President SAIC, seperti dikutip automotivenews.com

Roewe bermesin bensin 1.500 cc dengan transmisi otomatis lima percepatan. Panjangnya 4,2 meter (m), lebar 1,78 m, dan tinggi 1,5 m. Sedangkan jarak sumbu roda 2,6 m. Di Cina, mobil ini diproduksi di pusat produksi SAIC di Pukon, Nanjing.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi